Golkar Hilang 4 Kursi, PDIP Tambah 2 – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Golkar Hilang 4 Kursi, PDIP Tambah 2

Kursi Ketua DPRD di Kabupaten

KUPANG, TIMEX – Perebutan kursi Ketua DPRD di kabupaten/kota tidak kalah dengan DPRD provinsi. Jika di provinsi, PDIP mengkudeta Golkar, di sejumlah daerah pun demikian.

Data sementara Timor Express menyebutkan, Partai Golkar pada periode 2014-2019 menduduki jabatan Ketua DPRD di delapan kabupaten, yakni Belu, Malaka, Sumba Timur, Manggarai Barat, Ende, Sikka, Flores Timur dan Alor.
Namun di pileg 2019 ini, Golkar hanya meraih empat kursi ketua DPRD, yakni di Kabupaten Kupang, Lembata, Malaka dan Sumba Timur. Sementara PDIP berhasil merebut kursi ketua dari Golkar di Kabupaten Ende, Alor, Flores Timur. Di Manggarai Barat berpindah ke Nasdem. Sementara Belu direbut Partai Demokrat.

Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara yang diwawancara koran ini mengatakan, PDIP sebelumnya hanya menjabat Ketua DPRD di tiga kabupaten dan satu kota. Namun kali ini, naik menjadi enam.

Empat kabupaten sebelumnya, yakni Sabu Raijua, Kota Kupang, Sumba Barat Daya dan TTU. Sementara enam ketua yang baru, yakni Kota Kupang, Sabu Raijua, Ende, Sumba Barat Daya, Flores Timur dan Alor. “Itu yang ketua. Ada juga beberapa lagi yang wakil ketua,” terang Nelson.

Sementara Ketua DPW Nasdem NTT, Raymundus Sau Fernandes yang dikonfirmasi koran ini menjelaskan, pihaknya belum menerima data lengkap dari kabupaten kota. Namun untuk sementara, Nasdem mempertahankan dua kursi ketua, yakni di Kabupaten Rote Ndao dan TTS. “Ditambah TTU yang dulu dipegang PDIP,” kata Ray.

PDIP di Kabupaten TTU sebelumnya diwakili delapan kursi dan menjabat ketua DPRD. Namun kali ini, hanya tersisa dua kursi. Sementara Nasdem melejit menjadi delapan kursi dan berhak menjadi ketua DPRD.

PKB yang mengalami peningkatan kursi dari 53 ke 74, juga berpeluang memegang palu di DPRD Kabupaten Ngada. Data sementara, PKB, PAN dan Perindo sama-sama mengoleksi empat kursi. Sementara PAN sudah dipastikan memegang palu di DPRD Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

Sekretaris DPW PAN NTT, Marthen Lenggu mengatakan pada pemilu kali ini, PAN mendapat jumlah kursi yang signifikan. Termasuk di Manggarai dan Manggarai Timur yang berpeluang menjadi ketua. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!