Timor Express

NASIONAL

Siap Diusulkan ke DPP

Kursi Pimpinan DPRD NTT

Jabatan dan Suara jadi Pertimbangan

KUPANG, TIMEX – Hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menunjukkan empat partai politik meraih kursi dan suara terbanyak untuk DPRD Provinsi NTT. Keempat partai tersebut, yakni PDIP, Golkar, Nasdem dan PKB.
PDIP dipastikan menduduki posisi Ketua DPRD karena unggul perolehan suara atas Golkar. Sehingga Golkar turun menjadi wakil ketua, diikuti Nasdem dan PKB.

Meski pelantikan DPRD terpilih baru akan dilakukan September 2019 mendatang, namun perburuan posisi pimpinan DPRD mulai bergulir. Sejumlah kemungkinan masih bisa terjadi, meski secara aturan internal partai sudah pasti.

Betapa tidak, penentuan siapa yang menjadi ketua atau wakil ketua DPRD adalah hak pengurus pusat setiap partai. Pengurus tingkat provinsi hanya mengusulkan nama-nama yang memenuhi syarat.

Hal ini diakui Ketua DPW Partai Nasdem NTT, Raymundus Sau Fernandez. Kepada Timor Express, Minggu (12/5), Ray jelaskan, pihaknya segera menggelar rapat untuk membahas penentuan wakil ketua DPRD NTT. “Nanti kami akan rapat dan tentukan bersama. Semua tetap menjadi keputusan partai dan DPP menetapkan dengan keputusan DPP,” jelas Ray yang juga Bupati TTU itu.
Di Partai Nasdem misalnya, saat ini Sekretaris DPW Nasdem NTT, Alex Ofong menjabat Wakil Ketua DPRD NTT. Alex menjadi salah satu caleg terpilih yang punya kans untuk diusulkan ke DPP. Selain itu, ada juga nama Petrus Christian Mboeik yang terpilih dari daerah pemilihan NTT I yang meliputi Kota Kupang. Selain itu, Jhon Elpy Parera yang sebelumnya menjabat Ketua Fraksi Nasdem DPRD NTT dari dapil V yang meliputi Sikka, Ende, Ngada dan Nagekeo.

Internal PKB pun bakal sengit. Pasalnya, Ketua DPW PKB Provinsi NTT, Yucun Lepa yang kini juga menjabat Ketua Fraksi PKB DPRD NTT, gagal terpilih kembali. Sehingga beberapa calon terpilih punya peluang dalam perebutan kursi wakil ketua. Mereka antara lain, Sekretaris DPW PKB NTT, Aloysius Malo Ladi dari dapil Sumba, Yahanes Rumat dari dapil IV Manggarai Raya dan Pdt. Junus Naisunis dari dapil II.

Yohanes Rumat dan Junus Naisunis adalah caleg petahana yang kembali terpilih. Hans Rumat sendiri menjabat Wakil Ketua DPW PKB NTT dan sekaligus Ketua DPC PKB Kabupaten Manggarai Timur.

Perebutan kursi pimpinan DPRD di internal Partai Golkar juga tidak kalah seru. Jonas Salean yang mengoleksi suara terbanyak, kini menjabat Ketua DPD II Golkar Kota Kupang. Sementara Inche Sayuna yang terpilih dari dapil VIII adalah Sekretaris DPD I Gokar NTT. Selain itu, Mohammad Ansor, meski meraih suara di bawah 5.000, namun dia menjabat Ketua Harian Golkar NTT dan juga caleg petahana.

Selain itu, masih ada Hugo Rehi Kalembu yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Golkar DPRD NTT. Pengalaman Hugo sudah tidak bisa diragukan lagi karena sudah beberapa periode duduk di dewan.

PDI Perjuangan yang meraih suara terbanyak pun memiliki mekanisme internal. Sejumlah caleg terpilih, misalnya Nelson Matara sebagai sekretaris DPD PDIP NTT, Lily Adoe menjabat Bendahara DPD PDIP. Selanjutnya, Yunus Takandewa yang kini masih menjabat Wakil Ketua DPRD NTT menggantikan Nelson Matara yang mundur untuk mengikuti pilbup Kupang 2018 lalu.

Selain itu, Emelia Nomleni yang juga mantan calon Wakil Gubernur NTT 2018 lalu memiliki potensi untuk menjadi Ketua DPRD NTT. Emi sendiri pernah dua kali duduk di DPRD NTT dari dapil VIII yang meliputi kabupaten TTS. Bahkan dia pernah menjadi ketua komisi. Kini dia menjabat Ketua DPC PDIP TTS. “Kami punya mekanisme internal. Beberapa syaratnya, pengurus organisasi. Diurut mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara. Punya pengalaman dan juga suara terbanyak,” jelas Nelson Matara. (cel/sam)`

Pemenang di Daerah

PDIP (7 Daerah):
Kota Kupang, Sabu Raijua, Ende, Sumba Barat Daya, Flores Timur, Sikka dan Alor

Golkar (4 Daerah):
Kabupaten Kupang, Lembata, Malaka dan Sumba Timur

Nasdem (5 Daerah):
Rote Ndao, TTS, TTU, Nagekeo dan Manggarai Barat

PAN (2 Daerah):
Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur

PKB (1 Daerah):
Kabupaten Ngada

Demokrat (1 Daerah):
Kabupaten Belu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!