Timor Express

FLORES RAYA

SMAK Syuradikara Ikut Lomba OSN Tingkat Nasional

ENDE, TIMEX – SMAK Syuradikara  kembali mengukir prestasi di bidang akademik dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi. Siswi SMAK Syuradikara, Ignacia Verena Manek menjadi duta Provinsi NTT ke tingkat nasional OSN bidang studi matematika, setelah bertarung dalam OSN tingkat Provinsi NTT di Kupang, 10 April lalu.

Kepastian juara tersebut disampaikan panitia melalui surat keputusan (SK) nomor: 3042/D4/TU/2019 tertanggal 7 Mei 2019.

Di tingkat Provinsi NTT, SMAK Syuradikara mengutus delapan siswa, empat siswa diantaranya adalah juara I tingkat kabupaten bidang lomba ekonomi, astronomi, fisika dan matematika. Sedangkan empat siswa yang lain adalah juara II bidang lomba kebumian dan juara III bidang lomba biologi, matematika dan ekonomi.

Hasilnya, OSN bidang matematika memperoleh emas dan mengantarnya untuk mengikuti lomba OSN tingkat nasional di Sulawesi Utara, 30 Juni–6 Juli mendatang.

Ortolana Yosefina Rensa, guru pembimbing matematika ketika ditemui Timor Express, Jumat (10/5) menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan yang diraih. Dirinya merasa gembira atas prestasi yang diraih anak didiknya, namun prestasi  tersebut sebagai tantangan.

Pihaknya akan memberikan bimbingan tambahan karena bertarung ditingkat nasional lebih ketat. “Saya merasa sangat gembira atas prestasi ini tetapi  sekaligus tantangan yang jauh lebih berat lagi karena akan bersaing dengan siswa lain dari seluruh Indonesia di tingkat nasional. Ke depan kami akan berusaha lebih keras lagi dalam proses bimbingan. Memang tidak mudah, namun kami optimistis bisa karena mendapat dukungan penuh dari sekolah,” katanya.

Sementara, Kepala SMAK Syuradikara, P Stefanus Sabon Aran, SVD merasa bangga atas prestasi emas yang diraih anak didiknya, meski cuma satu emas. Karena itu, ke depan sekolah akan mendesain lagi kelas khusus untuk membina dan mengembangkan bakat siswa OSN per mata pelajaran karena OSN sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Dengan dan melalui seleksi siswa OSN di tingkat sekolah dan model kelas khusus ini, maka bisa meraih lebih dari satu emas.

Sementara itu, Ignacia Verena Manek, siswi kelas XI IPA peraih emas OSN bidang matematika tingkat Provinsi NTT menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah, guru pembimbing dan semua guru yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan. Prestasi yang diraihnya menjadi modal yang luar biasa untuk memberikan motivasi kepada teman-teman yang lain.

“Ini modal yang luar biasa yang memotivasi saya untuk lebih semangat belajar lagi. Menjadi duta Provinsi NTT ke tingkat nasional bukan perkara mudah karena akan jauh lebih berat materi OSN matematika. Namun saya optimistis. Saya berjanji untuk tidak mengecewakan sekolah, Kabupaten Ende dan Provinsi NTT,” pungkasnya. (kr7/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!