Dampak Pilgub DKI dan Pilpres – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Dampak Pilgub DKI dan Pilpres

Ada yang menarik di Pemilu 2019. Salah satu partai besar, Partai Gerindra, justru kehilangan dua kursi sekaligus dari NTT. Padahal, sejak keikutsertaan Gerindra di Pemilu, selalu ada kursi dari NTT.

Pengamat politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Michael Rajamuda Bataona mengatakan fenomena ini mesti dibaca secara utuh dari kepingan-kepingan peristiwa sejak tahun 2017, saat Pilgub DKI Jakarta. Ini yang menjadi pemicu keterbelahan masyarakat secara nasional. Dari sinilah citra Partai Gerindra di NTT tanpa mulai diasosiasikan secara berbeda oleh rakyat hingga ke akar rumput.

Selanjutnya, mulai menguat isu-isu kanan berbasis agama secara nasional, turut membentuk persepsi publik di NTT. “Jadi harus diakui bahwa meskipun Gerindra NTT punya kader-kader terbaik yang diterjunkan di dua dapil ini, tetapi resonansi keterbelahan secara nasional akibat isu agama dan kasus-kasus yang viral di media sosial juga media mainstream, cukup mempengaruhi pandangan publik,” kata Michael.

Oleh karena itu, bisa ditarik hipotesis bahwa khusus untuk NTT, pendukung partai Gerindra sebagian besarnya sudah bermigrasi ke partai lainnya. “Sehingga sejak awal saya sudah memprediksi bahwa pertarungan politik di level Provinsi NTT akan didominasi oleh fenomena melejitnya partai-partai pro Jokowi dan melemahnya partai-partai pro Prabowo,” kata Michael. (sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!