Timor Express

EKONOMI

DPRD-Nakertrans Sidak Jelang Ramadan

SIDAK.Rombongan Komisi V DPRD NTT didampingi Kopnakertrans NTT dan Pol.PP saat melakukan sidak jelang Idul Fitri di Kota Kupang, Senin (13/5).

CARLENS BISING

Cek Pembayaran THR, Gaji dan Jaminan Pekerja

KUPANG, TIMEX– Komisi V DPRD Provinsi NTT didampingi Dinas Koperasi dan Nakertrans serta Satuan Polisi Pamong Praja menggelar inspeksi mendadak (Sidak) jelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran, Senin (13/5).

Sidak yang terpusat di Kota Kupang itu menyasar sejumlah tempat usaha. Mulai dari hotel, pusat perbelanjaan, rumah sakit, asuransi dan dealer motor.

Rombongan dipimpin langsung Ketua Komisi V, Jimmi Sianto dan wakilnya, Muhammad Ansor. Turut serta sejumlah anggota, Winston Rondo, Anwar Harjal, Kristofora Bantang, Aurora Modok, Yohanes Rumat, Ansel Tallo dan Pdt.Karel Koro.

Sidak dimulai dari Hotel Naka, Lippo Plaza, Rumah Sakit Siloam, dealer Honda Wahana Motor Oebufu dan berakhir di FIF Finance Kupang di Kuanino. Tim melakukan sidak untuk memastikan managemen perusahaan-perusahaan tersebut patuh terhadap aturan ketenagakerjaan.

“Kami ingin tahu bagaimana perusahaan membayar THR kepada karyawannya. Lalu bagaimana dengan sistem penggajian mereka, termasuk jaminan kesehatan dan jaminan keselamatan kerja melalui BPJS,” kata Jimmy.

Beberapa hal yang menjadi temuan, yakni berkaitan dengan tenaga kerja outsourcing. Selain itu, ada pula perusahaan yang mempekerjaan orang dengan sistem “mitra.” Hal ini menurut Jimmy Sianto harus diubah, karena pekerja tidak memiliki penghasilan yang pasti.

“Nanti kita panggil pimpinan perusahaannya untuk rapat bersama di Komisi V,” kata Jimmy.

Sementara Anggota Komisi V, Pdt.Karel Koro mengatakan, sidak yang dilakukan pemerintah dan DPRD tidak semata untuk menakut-nakuti pekerja atau perusahaan. Sebagai wakil rakyat, pihaknya ingin memastikan, baik pekerja dan perusahaan sama-sama mematuhi kewajiban dan mendapatkan hak-haknya.

“Supaya mereka tahu bahwa ada yang mengawasi. Perusahaan dan pekerja kan harus saling membangun, jangan sampai sebaliknya,” kata politikus Partai Gerindra itu. (cel/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!