Timor Express

POLITIK

Puan Maharani Calon Kuat Ketua DPR RI

JAKARTA, TIMEX – Puan Maharani diprediksi menjadi caleg DPR RI dengan suara terbanyak dari PDIP. Dia berkompetisi di daerah pemilihan Jawa Tengah V, yaitu Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali. “(Suara tertinggi) Mbak Puan, tapi belum final,” ucap Kepala Badan Saksi Arif Wibowo kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, kemarin.

Putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, bersama dengan Aria Bima, Alfia Reizani dan Rahmad Handoyo akan menjadi anggota DPR RI dari Dapil Jateng V. Puan mendapat suara sekitar 420 ribu. “Paling banyak pertama itu Puan Maharani dengan 420 ribu suara. Memang seluruh kekuatan partai support Mbak Puan,” kata Aria.

Sementara itu, PDIP mengklaim mendapat kursi terbanyak di DPR-RI dengan 133 kursi. PDIP optimistis mengamankan posisi ketua DPR-RI. “Lima pimpinan dewan, dari ketua, kami terima kasih kepada rakyat yang memberi kepercayaan kepada PDIP Perjuangan. Empat lainnya, satu dari partai politik pendukung dari Prabowo-Sandi, dengan demikian jauh lebih efektif pemerintahan Pak Jokowi-Amin,” ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Namun, PDIP belum menentukan orang yang akan dipilih sebagai Ketua DPR-RI. Namun, ada beberapa kriteria bagi kandidat ketua DPR-RI. “Tidak elok bahas sekarang, tapi PDIP akan calonkan yang terbaik, punya pengalaman panjang, tidak hanya di partai tapi juga legislatif, baik juga pengalaman-pengalaman nasional dan internasional,” kata Hasto. Walau begitu, di internal PDIP sudah mulai muncul nama calon Ketua DPR RI. Yang paling menonjol adalah Puan Maharani.

Terkait hal ini, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny Gerard Plate mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan siapa pun yang akan diusung menjadi ketua DPR oleh PDI Perjuangan jika memenangi Pemilu 2019. Dia menambahkan, penentuan siapa yang ditunjuk sebagai ketua DPR menjadi kewenangan penuh dari partai besutan Megawati Soekarnoputri, itu. “Begini ya, dari sisi undang-undang, itu kewenangan PDI Perjuangan. Siapa pun yang dicalonkan PDI Perjuangan pasti kami dukung,” ujar Johnny di gedung parlemen, Jakarta, Senin (13/5).

Johnny tidak memungkiri bahwa salah satu tokoh yang mumpuni di PDI Perjuangan adalah Puan Maharani. Puan saat ini menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yang lolos ke Senayan dari daerah pemilihan Jawa Tengah V. “Ibu Puan yang juga memperoleh suara terbesar di Indonesia dalam pileg kali ini. Nah, recognition itu harus kami hormati,” ungkap Johnny.

Dia menjawab diplomatis saat ditanya apakah Nasdem mendukung Puan sebagai ketua DPR. Yang jelas, ujar Johnny, Indonesia sudah pernah punya presiden perempuan, Megawati Soekarnoputri. Karena itu, ujar dia, bisa saja nanti ada ketua DPR dan MPR perempuan. “Nah, Indonesia tentu senang mempunyai presiden perempuan, Ibu Mega. Nanti mempunyai juga ketua DPR perempuan, kalau bisa juga ketua MPR perempuan,” jelasnya.

Lebih jauh Johnny menuturkan, Puan dari sisi kompetensi dan pengalaman sudah layak. Selain itu, Puan juga merupakan salah satu tokoh sentral di PDI Perjuangan. “Ibu Puan dari sisi reward politik memperoleh suara terbesar. Kalau itu saya kira normal wajar akan membuat warna baru di parlemen,” paparnya. (boy/jpnn/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!