Timor Express

NASIONAL

Banteng Berkuasa

Hentikan Dominasi Golkar
PDIP Menang 8 Kabupaten

KUPANG, TIMEX – Pada pemilu-pemilu sebelumnya, Partai Golkar selalu berkuasa. Tak hanya di tingkat provinsi, di kabupaten pun selalu menang. Namun, pemilu 2019 berbeda. Banteng akhirnya menghentikan dominasi beringin di NTT.

Di tingkat provinsi, Golkar dan PDIP sama-sama mengoleksi 10 kursi, namun PDIP unggul perolehan suara. Golkar meraih 349.726 suara sedangkan PDIP 353.440 suara. Pada pemilu 2014 lalu, PDIP juga unggul perolehan suara, namun kalah jumlah kursi. PDIP meraih 10 kursi dan Golkar meraih 11 kursi. Kursi Ketua DPRD NTT pun jatuh ke tangan Partai Golkar. Pada pemilu kali ini, Golkar harus merelakan kursi Ketua DPRD yang didudukinya sejak lahirnya Provinsi NTT ke tangan PDIP. Ini disebabkan hilangnya satu kursi Golkar dari dapil III (Daratan Sumba).

Tak cukup mempecundangi Golkar di provinsi, di kabupaten pun PDIP mengambil alih kursi-kursi ketua. Total PDIP menang di delapan kabupaten, yakni Sumba Barat Daya, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Alor, Kota Kupang dan Sabu Raijua. Sedangkan Nasdem menang di lima kabupaten, yakni Rote Ndao, TTS, TTU, Sumba Tengah dan Manggarai Barat. Golkar hanya meraih kemenangan di empat kabupaten, yakni Kabupaten Kupang, Lembata, Malaka dan Sumba Timur. Padahal, pada pemilu 2014, Golkar menang di delapan kabupaten, termasuk di tingkat provinsi.

Jika dihitung dari jumlah kursi, Partai Nasdem justru mengoleksi kursi terbanyak di kabupaten/kota, yakni sebanyak 89 kursi. Unggul tiga kursi dari PDIP dan Golkar yang sama-sama memperoleh 86 kursi. Namun, Nasdem hanya menjadi Ketua DPRD di lima kabupaten.

Sementara itu, PAN menang di dua kabupaten, yakni Manggarai dan Manggarai Barat. Demokrat menang di satu kabupaten, yakni Kabupaten Belu. Sedangkan PKB menang di Ngada dan Gerindra menang di Sumba Barat.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan NTT, Yunus Takandewa, Selasa (14/5) di Kupang mengatakan hasil pemilu 2019 merupakan hasil kerja gotong royong seluruh komponen di antaranya relawan, rakyat secara spontanitas dan partai. Sesuai hasil pemilihan legislatif, data suara kursi DPR RI PDI Perjuangan berhasil mendapatkan tiga kursi dari posisi dua kursi sebelumnya. Juga, kali ini PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang tingkat provinsi. Demikian halnya di kabupaten PDI Perjuangan menang di delapan kabupaten/kota.

Menurut Yunus, ini akan menjadi momentum penggerak konsolidasi untuk mengembalikan kepercayaan rakyat melalui kerja nyata, membumikan idiologi partai yang selalu menjadi napas kerja gotong royong dalam mengkonsolidasi seluruh kekuatan rakyat. “PDI Perjuangan provinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat NTT, penyelenggara pemilu semua jenjang dan aparat TNI/POLRI. Secara khusus kita mendoakan para pahlawan demokrasi semoga amal baiknya diterima di sisi Tuhan Maha Kuasa,” kata Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemilu DPD PDIP NTT ini.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Sepri Ritan kepada koran ini menjelaskan, meski Hanura tidak mendapat kursi ketua, namun Hanura berhasil mendapat posisi wakil ketua DPRD di lima kabupaten.

“Untuk posisi pimpinan, di Kabupaten TTU, Ende, Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. Di TTS lima kursi, tetapi kalah selisih suara,” terang Sepri Ritan.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN NTT, Marthen Lenggu mengatakan PAN berhasil menang di dua kabupaten, yakni Manggarai dan Manggarai Timur. Secara total, di kabupaten/kota PAN meraih 49 kursi dan enam kursi di provinsi. Khusus provinsi terjadi kenaikan dari pemilu sebelumnya yang hanya lima kursi.

Prestasi yang diraih ini merupakan kerja keras para kader, pengurus partai, calon legislatif, relawan dan simpatisan di berbagai pelosok. “Beberapa daerah memang belum mendapatkan kursi. Ini akan kami evaluasi untuk perbaikan ke depan,” ujar Marthen.

Ketua DPW PPP NTT, Djainudin Lonek mengatakan PPP terus berupaya melakukan yang terbaik. Hasilnya dalam pemilu 2019, PPP meraih 11 kursi di kabupaten/kota dan satu kursi di provinsi. Walaupun masih belum memenuhi target, namun ia mengatakan PPP terus melakukan evaluasi untuk mencapai target pada pemilu-pemilu berikut. “Bersyukur karena di provinsi PPP bisa mendapat kursi,” ujar Djainudin yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Kupang periode 2019-2024. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!