Siapkan Total Hadiah Rp 105 Juta – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Siapkan Total Hadiah Rp 105 Juta

SIHANG KANCHO FRANSISCUS FERNANDO

*Kejurnas Karate Shoto-Kai Open 2019 di Surabaya
*Atlet Pelatda FORKI NTT Akan Diikutkan

KUPANG,TIMEX – PB Shoto-Kai akan kembali menggelar Kejuaraan nasional (Kejurnas) karate Shoto-Kai Open 2019, yang akan memperebutkan piala bergilir Nona Mas dan total hadiah Rp. 105 Juta. Kejurnas ini akan disatukan dengan Rakernas PB Shoto-Kai, Gashuku dan Ujian dan serta penataran Wasit/juri dan pelatih.

Even yang akan melibatkan seluruh Pengda dan Pengcab Shoto-Kai se Indonesia, akan di gelar tanggal 27-30 Juni 2019, yang dipusatkan di Komando Pendidikan Marinir atau (Kodikmar) Gunung Sari, Surabaya – Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum PB Shoto-Kai, Sihang Kancho Fransiscus Fernando kepada koran ini, Rabu kemarin (15/5).

Dijelaskannya, Kejurnas ini merupakan wadah untuk mengasah prestasi para atlet karate anggota Shoto-Kai yang ada di seluruh wilayah Indonesia, untuk menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.
“Even ini juga sekaligus sebagai ajang mengevaluasi dan menguji prestasi para atlet yang dimiliki Pengda dan Pengcab, sekaligus menciptakan jenjang kompetisi yang terpadu antar Pengda dan Pengcab Shoto-Kai di seluruh Indonesia,” jelas Kancho Frans, Sapaan akrabnya.

Dalam kejurnas ini lanjutnya, akan di pertandingkan beberapa kategori/kelas, diantaranya kelas festival untuk pelajar SD kelas 1-2, pelajar SD kelas 3-4, SD kelas 5-6, pelajar SMP, dan pelajar SMA, baik di nomor kumite maupun Kata perorangan (kata dasar).

Kelas umum, akan mempertandingan kategori usia dini (7-9 tahun) Pra Pemula (10 dan 11 tahun), Pemula (12 dan 13 tahun), Kadet (14-15 tahun), junior (16-17 tahun) Under-Senior (18 tahun keatas).

“Kita juga akan menggelar pertandingan untuk kategori Best of the Best untuk kadet, Under 21-senior dan Junior,” terangnya.

Untuk kelas umum ini, akan mempertandingkan nomor kata perorangan dan kata beregu, serta Kumite baik putra maupun putri.

Yang menarik dari Kejurnas tahun ini, selaku Ketua Umum PB Shoto-Kai, Kancho Frans menaikkan jumlah total hadiah bagi para peraih juara umum I sampai juara umum III dalam Kejurnas kali ini.

“Kejurnas tahun lalu di Kupang total hadiah yang kita siapkan kurang lebih 50 juta. Tahun ini kita naikkan lagi menjadi Rp. 105 juta,” ungkapnya.

Ajang Ujicoba Atlet Pelatda

Kancho Frans yang juga menjabat sebagai ketua umum Pengprov FORKI NTT, juga menjelaskan para atlet karate yang saat ini menjalani Pelatda di Hombu Dojo Shoto-Kai sebagai persiapan mengikuti Pra PON, nantinya akan diikutkan dalam Kejurnas ini, untuk melihat kemampuan para atlet setelah sekian lama menjalani Pelatda di Hombu Dojo Shoto-Kai Sikumana.

“Kita akan mengikutikan mereka dalam kejurnas ini sebagai ajang ujicoba, untuk melihat perkembangan dan kemampuan para atlet selama menjalani Pelatda,” jelasnya.

Khusus bagi para karateka NTT yang tergabung dalam Pelatda, jika tampil sebagai juara dalam Kejurnas tersebut, nantinya akan disiapkan lebih lanjut untuk mengikuti Kejuaraan karate di Thailand pada bulan Juli.

“Jika juara di Surabaya nanti, para karatekan tersebut akan menjalani TC lanjutan di Surabaya, sebagai persiapan untuk mengikuti kejuaraan di Thailand, untuk menambah jam terbang bertanding mereka,” pungkasnya.(rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!