Plt Sekda TTU Diduga Terlibat Politik Praktis – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Plt Sekda TTU Diduga Terlibat Politik Praktis

Arahkan Dukungan Kepada Caleg Tertentu

KEFAMENANU, TIMEX – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis diduga terlibat dalam politik praktis dengan mengarahkan dukungan kepada calon legislatif tertentu pada Pemilu, 17 April lalu.

Pantauan Timor Express, dalam postingan akun facebook milik Metriana Seran di group facebook Timor Tengah Utara (TTU) – Biinmaffo Bebas Bicara-bicara Bebas, terdapat 13 oknum aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU terlibat politik praktis.

Plt Sekda Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (15/5) membantah adanya ketelibatan aktif dirinya dengan mengarahkan dukungan kepada calon legislatif tertentu.

Menurutnya, postingan foto yang beredar di media sosial facebook saat pose bersama caleg DPRD Provinsi NTT dari Partai Nasdem atas nama Dolvianus Kolo itu bukan bentuk sosialisasi politik. Namun saat itu caleg yang bersangkutan bertamu di rumahnya.

“Kalau foto yang beredar itu kan bukan sosialisasi politik. Bagaimana tamu datang di rumah saya tidak terima? Siapa saja yang datang pasti kita terima, apalagi bertamu di rumah kita,” bantah Fransiskus.

Terkait keterlibatan 12 ASN lainnya, ia akan memberikan surat panggilan kepada ASN yang bersangkutan untuk dimintai pertanggungjawaban terkait foto yang beredar di media sosial facebook itu.

Apabila terbukti bersalah, maka ASN yang bersangkutan mendapat hukuman yang sama terkait disiplin ASN. Namun, apabila tidak terbukti, maka ASN yang bersangkutan tidak bisa dikenakan sanksi.

“Kita akan panggil untuk minta pertanggungjawaban. Kalau terbukti, maka akan diberikan sanksi disiplin ASN. Kalau tidak terbukti, maka ASN yang bersangkutan tidak bisa diberikan sanksi,” jelasnya.

Terpisah, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes ketika dikonfirmasi Timor Express menegaskan, tidak ada sistem tebang pilih dalam menegakkan aturan disiplin ASN yang melanggar. Penerapan aturan bagi ASN yang terlibat aktif dalam politik praktis sesuai Undang-undang ASN bukan Undang-undang Pemilu.

Terkait keterlibatan aktif ASN yang mengarahkan dukungan kepada caleg tertentu pada Pemilu 2019, tim khusus yang telah dibentuk akan melakukan pemeriksaan dan apabila terbukti, maka akan diberikan sanksi disiplin ASN.

“Tidak ada tebang pilih. Kalau salah akan kita beri sanksi disiplin ASN sesuai dengan jenis dan tingkat pelanggaran,” katanya. (mg26/ays)

13 ASN TTU yang Diduga Terlibat Politik Praktis

  1. Fransiskus Tilis (Plt Sekda TTU)
  2. Irensius Abi (Kabid Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan)
  3. Pauyulia Bana (Kepala Puskesmas Nunpene)
  4. Kepala Puskesmas Maubesi
  5. Yosef Tanau (Kabag Umum)
  6. Yosef M Nipu (Kasubag di Bagian Umum)
  7. Ondos Seran (ASN di kantor Kecamatan Insana Utara)
  8. Salvator Lake (Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan)
  9. Albert Mateos Pandi (ASN pada Badan Keuangan dan Aset)
  10. Aris Kelen (ASN pada PTN Unimor)
  11. Egidius Sanam (Sekretaris Badan Keuangan dan Aset)
  12. Fredik Nalle (ASN pada Perguruan Tinggi Negeri Universitas Timor)
  13. Guido Valadares (ASN pada Dinas PKO).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!