BPKP Bekali Mahasiswa KKN Aplikasi Siskeudes – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

BPKP Bekali Mahasiswa KKN Aplikasi Siskeudes

MoU.Ketua Stikom Uyelindo Kupang, Marinus Lamabelawa (tengah) dan Renovator Simbolon Pengendali Teknis Perwakilan BPKP NTT (kiri) usai mendatangani Nota Kesepahaman (MoU) disaksikan Ketua Yayasan Uyelindo (kanan) di Aula Utama STIKOM Uyelindo Kupang, Senin (20/5)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Sehubungan dengan pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian), STIKOM Uyelindo Kupang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten TTU dan Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BKKP) wilayah NTT untuk melakukan pelatihan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) kepada Mahasiswa KKN tahun ajaran 2018/2019.

Mahasiswa Semester VI, Prodi Teknik Informatika S1, Teknik Informatika D3 dan Sistem Informatika mendapat bekal pelatihan menggunakan aplikasi Siskeudes dari BPKP Provinsi NTT yang berlangsung Aula Utama STIKOM Uyelindo Kupang, Senin (20/5).

Yohanis Payong, Ketua LP3M STIKOM Uyelindo Kupang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan jajakan dari hasil kerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten TTU dan BPKP, karena TTU merupakan salah satu kabupaten dengan pengetahuan operator yang sangat minim di NTT sehingga menjadi perioritas.

Dikatakan untuk fokus kegiatan, mahasiswa dan dosen lebih dominan melakukan pelatihan kepada operator agar operator bisa menguasai aplikasi yang digunakan untuk mengupload data dana desa.

“Dana desa yang mencapai miliaran rupiah ini, mulai dari perencanaan hingga laporan pertanggungjawabannya menggunakan satu aplikasi,” kata dia.

Dilanjutkan, mahasiswa yang akan diterjunkan pada Juni 2019 mendatang sebanyak 86 orang. Terbagi dalam enam kelompak yang tersebar di seluruh kecamatan di TTU. “Masing-masing kelompok akan meng-cover 4-6 desa,” sebutnya.

Dijelaskan, sebelum melakukan pelatihan kepada operator, mahasiswa terlebih dahulu dibekali tentang proses pengelolaan dana desa, karena untuk penguasaan aplikasi mahasiswa sudah mahir.

Yohanis mengaku, selain dilakukan di Kabupaten TTU, pihaknya berencana kedepan akan dilakukan juga untuk Kabupaten Malaka. “Kita memiliki program Desa Mitra yang dijajaki oleh dosen karena saat ini dosen tidak hanya mengajar, namun wajib melakukan penelitian dan pengabdian, maka harus kerja sama dengan pemda agar menyelaraskan program pemerintah dan akademisi,” ungkapnya.

Perguruan tinggi dengan berbasis IT ini memiliki strategi untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan dan memudahkan program pemerintah yang ke depan serba digital.

Pelatihan dilaksanakan selama satu hari. Usai masa KKN, akan dilakukan evaluasi, baik dari pihak Stikom Uyelindo maupun dari Pemda untuk mengetahui pencapaian dari kegiatan tersebut.

Ketua Stikom Uyelindo Kupang, Marinus Lamabelawa dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, ini merupakan kewajiban perguruan tinggi. Tidak hanya pendidikan, tapi juga penelitian dan pengabdian masyarakat yang sudah termasuk dalam Tri Dharma perguruan tinggi.

Marianus berharap kegiatan ini secara keseluruhan bisa membawa hasil secara kualitatif dan kuantitatif bagi mahasiswa. “Saya berharap pelatihan bisa diikuti dengan serius. Ke depan ada kegiatan yang berkaitan dengan KKN nanti BPKP bisa bantu lagi,” tegasnya.

Sementara Pengendali Teknis Perwakilan BPKP NTT, Renovator Simbolon berharap mahasiswa KKN dapat berperan penting dalam menggunakan aplikasi Siskeudes.

Dikatakan, Stikom Uyelindo adalah perguruan tinggi ketiga yang memanfaatkan aplikasi yang sama untuk KKN di tengah masyarakat. Sebelumnya mahasiswa Undana Kupang dan Unwira Kupang juga sudah memanfaatkan aplikasi serupa. “Dari dua kampus ini sudah sangat membantu. Semua desa yang ada di NTT sudah memakai aplikasi Siskeudes,” ujarnya.

Lebih lanjut Simbolon menaruh harapan besar kepada mahasiswa supaya bisa menyukseskan penggunaan aplikasi dimaksud. “Usahakan masyarakat desa bisa cepat pahami dan pelajari. Aplikasi ini gratis. Jangan salah gunakan aplikasi ini,” terangnya.

Pantauan Timor Express, tidak hanya pelatihan, pada kesempatan yang sama juga diadakan Penandatanganan Bersama Nota Kesepahaman Antara Stikom Uyelindo Kupang dengan Perwakilan BPKP Provinsi NTT tentang Penyelenggaraan Kerja Sama dalam Pelatihan Aplikasi Siskeudes.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!