Timor Express

PENDIDIKAN

Kembangkan Bakat dan Kreasi Anak Melalui Pensi

BUSANA ADAT.Peserta pensi KB-TK Kristen Hosana Kupang tampil dengan busana khas Rote saat pentas, Sabtu (18/5)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Kelompok Belajar Taman Kanak-Kanak (KB-TK) Kristen Hosana Kupang menggelar Pentas Seni (Pensi) di halaman sekolah tersebut, Sabtu (18/5). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas anak.

Kepala Sekolah KB-TK Kristen Hosana Kupang, Monika Modjo kepada Timor Express mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahun dan diikuti seluruh siswa.

Pensi tersebut bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak dalam dunia seni, sehingga mampu mengenal budaya daerah sejak dini.
“Anak-anak untuk mengenal budayanya mesti dalam pentas tidak menggunakan pakian adat masing-masing, karena selain mengenal budaya sendiri, anak-anak juga didorong untuk mengetahui budaya orang lain,” katanya.

Ditambahkan, karakter anak harus dibina sejak dini. Tidak hanya mengenal budayanya, namun juga melatih mental anak agar bisa tampil di muka umum.

Dia mengaku sudah merasakan dampak positif dari kegiatan di bidang seni dan budaya dalam upaya mengembangkan potensi dan kepercayaan diri anak. Termasuk membentuk kepribadian anak yang multifungsi.

Selain itu kegiatan tersebut juga dapat mempromosikan sekolah yang dipimpinnya kepada masyarakat tentang kelebihan sekolah tersebut dari sekolah lain.

Masih menurut dia, proses belajar mengajar di sekolah itu berdasarkan visi dan misi yang berlandaskan kepada ajaran Kristen. “Kami memiliki visi yang beriman, berilmu dan berkarakter. Sedangkan misi kami dijabarkan menjadi lima poin, yaitu mendidik anak usia dini untuk mengenal Tuhan Yesus sebagai Juruselamat, mendidik anak selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Mendidik anak dengan cara belajar dan bermain sesuai tema pembelajaran yang ada di Taman Kanak-Kanak. Membentuk karakter anak didik berdasarkan iman Kristiani dan mendidik dan membiasakan anak mengucapkan kata, tolong, maaf, terima kasih sejak dini.

KB-TK yang beralamat di Jalan Patimura No. 2 Kelurahan Fontein Kota Kupang itu saat ini memiliki 81 anak didik. “Dari jumlah anak tersebut kegiatan Pensi ini kami gelar beberapa kegiatan yang dipentas, yakni fasion, puisi, syair, cerita Alkitab, ayat hafalan, solo dan tarian daerah,” tutupnya.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!