OJK Setuju Tiga Nama – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

OJK Setuju Tiga Nama

Calon Pengurus Bank NTT

Izhak Eduard Rihi jadi Dirut
Calon Dirum Ditolak OJK

KUPANG, TIMEX – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya menyampaikan keputusan hasil penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) atas permohonan pencalonan pengurus Bank NTT. Kepada Timor Express, Senin (20/5), Direktur Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu menyebutkan, berdasarkan keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK, ada tiga calon yang disetujui pencalonananya. Yakni, Juvenille Jodjana sebagai Komisaris Utama, Frans Gana sebagai Komisaris Independen dan Izhak Eduard Rihi sebagai Direktur Utama. Sedangkan calon Direktur Umum, Lazarus Orapau dinyatakan Tidak Disetujui.

“Hasil dari OJK, calon komisaris utama Pak Juvenile Jodjana, calon komisaris independen Pak Frans Gana dan calon Dirut Pak Izhak Eduard dinyatakan disetujui. Sedangkan calon Dirum Pak Lasarus Orapau dinyatakan tidak disetujui,” sebut Hilarius.

Terkait tindak lanjut dari keputusan OJK tersebut, Komisaris Independen Bank NTT, Samuel Djoh Despantianus mengatakan, berdasarkan surat keputusan persetujuan OJK dan Peraturan OJK (POJK), pengangkatan ketiga calon dalam jabatan yang telah disetujui dapat dilakukan paling lambat enam bulan setelah tanggal keputusan persetujuan OJK. Apabila dalam jangka waktu tersebut, pengangkatan efektif tiga calon yang telah disetujui oleh OJK tidak dilakukan, maka keputusan persetujuan tersebut menjadi tidak berlaku.

“Jadi calon pengurus yang sudah dinyatakan disetujui, wajib ditetapkan dalam RUPS dalam jangka waktu enam bulan sejak disetujui oleh OJK. Jika tidak dilakukan penetapan/pengangkatan, maka dengan sendirinya pencalonan yang bersangkutan dibatalkan,” jelas pria yang lama meniti karir di Bank Indonesia sejak tahun 1985-2014 itu.

Samuel mengaku, Direksi dan KRN (Komite Renumerasi dan Nominasi) telah melaporkan kepada Gubernur NTT selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) sekaligus memohon petunjuk tentang tindak lanjut dari keputusan persetujuan OJK ini. Adapun petunjuk PSP terkait dengan agenda-agenda RUPS yang rencananya akan digelar pada 12 Juni 2019 mendatang. Antara lain, penetapan calon pengurus dimaksud oleh RUPS, pelantikan calon pengurus, serta menugaskan KRN untuk melakukan penjaringan dan nominasi calon Dirum.

Hal senada juga disampaikan Kepala OJK Provinsi NTT, Robert Sianipar. Menurut dia, pengangkatan semua calon yang telah disetujui oleh OJK harus melalui RUPS. Selanjutnya, Bank NTT melalui KRN harus segera mengajukan calon Dirum, agar susunan pengurus bisa lengkap. “Harapan kami, calon dirum segera diajukan supaya susunan pengurus lengkap,” sebut Robert.

Sementara Pemegang Saham Seri B Bank NTT, Amos Corputty, mengaku bersyukur karena semua proses yang cukup panjang akhirnya bisa terlaksana dengan baik. Dia berharap, pengurus yang baru bisa bekerja sama dengan direksi dan komisaris defenitif saat ini, serta bekerja sama dengan para pemegang saham.

“Untuk pengajuan calon Dirum, kita jangan mempermasalahkan orang dari luar atau orang dari dalam. Intinya dia calon tersebut memenuhi persyaratan adsministrasit dan lulus fit and proper test di OJK,” ungkap mantan Dirut Bank NTT itu.

Terpisah, Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilidjora yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui sejauhmana proses seleksi di OJK.

Namun Gidion menegaskan siapapun yang terpilih, akan dibawa ke RUPS-LB untuk dibahas. Entah itu orang dari luar Bank NTT atau kader internal. “Yang penting dia punya kemampuan dan integritas,” tandas bupati dua periode ini.

Dia tegaskan, perusahaan daerah tersebut punya target operasi yang harus dicapai oleh pengurusnya. Sehingga para pengurus harus mampu menjawab target tersebut. “Nanti kita kasih waktu mungkin satu tahun untuk buktikan. Kalau tidak capai target, akan dievaluasi. Bisa diganti,” paparnya.

Dia mengaku sejak awal sudah mengusulkan agar setiap jabatan harus mengusulkan minimal dua calon. Sehingga ketika salah satunya tidak lolos, masih ada cadangan. “Kalau tidak ada cadangan, berarti harus RUPS-LB lagi untuk pilih,” imbuhnya. (tom/cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!