Timor Express

NASIONAL

SELAMAT JALAN

Tangis Haru Sambut Jasad Bupati Marsel

ENDE, TIMEX – Meski terik matahari menyengat Kota Ende, Minggu (26/5), namun tak menyurutkan niat ribuan warga untuk menjemput jenazah Bupati Ende, Marselinus Petu.

Pantauan Timor Express, warga tumpah ruah di halaman Bandara Haji Hasan Aroebusman. Tak hanya itu, di gerbang masuk Simpang Lima, warga juga tampak berdesak-desakan di jalan menanti kedatangan jenazah sang bupati. Tampak juga di Jalan El Tari hingga kompleks jabatan bupati berjejer para ASN yang membentuk pagar betis menanti kedatangan mobil jenazah.

Tangis haru pecah saat jet pribadi milik Gubernur NTT Viktor Laiskodat menyentuh landasan pacu bandara Haji Hasan Aroebusman pukul 12.44. Keluarga dan kerabat serta ASN yang berada di bandara tampak tak kuat menahan tangis. Tampak juga para petinggi partai politik tingkat kabupaten yang ikut menjemput jenazah orang nomor satu di Bumi Pancasila ini.

Beberapa politisi yang tampak menjemput jenazah antara lain Syahrulan Pua Sawa, Honing Sani, Ketua DPRD Ende Herman Yosef Wadhi, Wakil Ketua DPRD Ende Fery Taso, juga anggota DPRD Provinsi NTT Thomas Tiba Owa serta anak dan keluarga mendiang bupati Marsel.

Pukul 12.48, Wakil Bupati Ende Djafar Achmad bersama unsur Forkompinda yakni Dandim 1602 Ende, Wakapolres Ende, Kejari Ende dan Ketua Pengadilan menjemput jenazah di pesawat. Sebelum dibawa ke ruang tunggu VIP Wakil Bupati membentangkan bendera merah putih di peti jenazah.

Secara perlahan peti diusung oleh para anggota Satuan Polisi Pamong Praja yang dipagari para ASN Pemkab Ende menuju ruangan VIP. Para tokoh agama juga ikut menjemput jenazah. Di pintu masuk ruang VIP, ada sapaan adat oleh tokoh masyarakat. Selanjutnya masuk ke ruang VIP untuk didoakan dan diberkati oleh pastor. Selanjutnya bergerak menuju rumah jabatan.

Setelah doa, jenazah kembali diusung menuju mobil untuk diberangkatkan dan disemayamkan di rumah jabatan Bupati Ende. Saat keluar dari ruang VIP, pecah tangis para warga yang sudah menunggu sejak pagi. Tangisan terus bergema sepanjang jalan yang dilintasi mobil jenazah. Mobil dikawal satuan Lantas Polres Ende bergerak menuju Rujab Bupati Ende di Jalan El Tari.

Tiba di rujab, jenazah diterima Wakil Bupati Djafar Achmad. Sekali lagi dilakukan sapaan adat oleh tokoh masyarakat. Selanjutnya jenazah disemayamkan, namun didahului dengan seremoni adat. Masyarakat setempat pun diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada jenazah.

Salah seorang kerabat dekat almarhum, Agustinus Gaja Ngasu mengatakan di mata keluarga dan kerabat, Marsel adalah sosok penyayang. Dia menyebutkan, pria 56 tahun tersebut bukan saja menyayangi keluarganya, tetapi siapapun yang dia kenal maupun tidak kenal.

Lebih jauh Gusti mengatakan, Marsel setahu keluarga tidak memiliki riwayat penyakit. Apalagi sebagai Bupati selalu melakukan check up rutin. Dia menyebutkan, tidak ada keluhan sama sekali baik kepada istri dan anak-anak maupun kepada kerabat lainnya. “Hanya pernah dia keluhkan soal lambung yang diderita. Selain itu tidak ada,” ujar Gusti Ngasu yang juga Sekda Kabupaten Ende ini.
Gusti mengatakan, kehadiran Bupati Marsel di Kupang dengan dua agenda. Yang pertama yakni berbicara dengan Gubernur tentang acara Parade Kebangsaan dalam rangka Hari Lahir Pancasila di Ende. Selanjutnya akan menerima laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK RI Perwakilan NTT yang rencananya dilaksanakan Senin (27/5) hari ini. “Tapi ternyata beliau sudah dipanggil Tuhan,” ujarnya.

Terkait pemakaman, Gusti mengaku belum mengetahui pasti. Namun diperkirakan pemakaman berlangsung Selasa atau Rabu. Rencana Bupati Marsel akan dimakamkan di samping makam bapaknya di pekuburan Gereja Onekore. Ayahanda almarhum, kata Gusti, juga baru saja meninggal. Belum genap 40 hari.

Sebelum pemakaman, akan dilakukan upacara sabda di rujab tempat dia disemayamkan. Selanjutnya bergerak menuju rumah pribadi, lalu menuju kantor bupati untuk dilakukan upacara kedinasan. Usai upacara kedinasan langsung menuju Gereja Onekore untuk misa requiem dan selanjutnya dimakamkan di pekuburan Gereja Onekore.
(kr7/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!