Pemkot Mutasi Eselon II-IV – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pemkot Mutasi Eselon II-IV

Usai Libur Idul Fitri 

KUPANG, TIMEX – Pemerintah Kota Kupang akan kembali melakukan mutasi untuk pejabat eselon II dan IV.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Sabtu (1/6), seusai memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan eselon III.

Hermanus Man mengaku seusai libur Idul Fitri, Pemkot Kupang akan kembali melakukan penataan birokrasi, dengan memutasi beberapa pejabat eselon II dan IV yang belum dimutasi.

“Nanti masuk libur akan ada mutasi lagi, mungkin tanggal 10 atau 11. Kita akan lihat waktu yang tepat, untuk jumlahnya saya tidak dapat menjelaskan secara pasti. Mungkin bisa sampai 100 lebih pejabat yang akan dimutasi,” ungkapnya.

Menurut Hermanus, mutasi untuk eselon II akan dilakukan untuk penyegaran, sehingga tidak ada yang terlalu lama menduduki suatu jabatan.

Dia menegaskan, dalam birokrasi pemerintahan, mutasi merupakan hal biasa untuk meningkatkan kinerja dan kreatifitas seorang pejabat.

Terkait nama-nama yang akan dimutasi, Hermanus mengaku belum bisa menjabarkannya secara pasti, karena harus mengantongi izin Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan melalui rapat tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Orang nomor dua di Pemkot Kupang itu mengakui bahwa mutasi eselon II ini bisa juga dilakukan pada beberapa eselon II yang sudah dimutasi beberapa waktu lalu, dan bisa juga pada beberapa jabatan esleon II yang tidak bisa dimutasi beberapa waktu lalu.

“Saya belum bisa memberikan nama-nama, karena nanti mungkin saja ada perubahan, karena masih harus rapat Baperjakat. Selanjutnya untuk eselon II harus ada izin atau diketahui oleh KASN, maka kami masih sementara berproses, prinsipnya mutasi dilakukan dalam bulan Juni ini,” tegasnya.

Hermanus Man melanjutkan, setelah dilakukan mutasi untuk eselon III, dan akan dilanjutkan dengan eselon II dan IV, maka selanjutnya akan langsung dimulai dengan proses seleksi pengisian jabatan kosong eselon II dan sekaligus memproses pengisian jabatan Sekda.

“Tim Assesor dan Panitia Seleksi sudah ada. Kami hanya menunggu semua proses mutasi selesai, akan dilanjutkan dengan seleksi pengisian jabatan kosong, sekaligus proses seleksi Sekda definitif, agar jangan sampai menunggu lama, karena setelah mutasi eselon II, tetap akan ada 9 jabatan kosong yang belum terisi,” terang Wawali.

Untuk diketahui, ada beberapa pejabat eselon II di lingkup Pemkot Kupang yang tidak dimutasi saat pelaksanaan mutasi beberapa waktu lalu.

Diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ari Wijana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Filmon Lulupoy, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Jeffry Pelt, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Jhon Pelt, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Mesakh Bailaen, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Orson Nawa,  dan Kepala Sekretariat Dewan Adrianus Lusi.

Sementara untuk jabatan eselon II yang kosong, yaitu, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Kepala Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!