STIE Putra Timor Lepas 21 Lulusan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

STIE Putra Timor Lepas 21 Lulusan

RAPAT SENAT.Prosesi wisuda serjana angkatan XI dalam acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang berlangsung di Aula Kopdit Solidaritas Kupang, Rabu 29/5)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Sebanyak 21 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Timor Kupang dikukuhkan sebagai serjana pada rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda sarjana angkatan XI di Aula Kopdit Solidaritas, Rabu (29/5).

Ketua STIE Putra Timor Kupang, Yohanes Hugo Hayong dalam sambutannya mengatakan, pendidikan bukan hanya soal hak asasi manusia, tetapi juga investasi yang berperan besar pada perkembangan ekonomi negara.

Yohanes Hayong mengkritisi jaminan anggaran 20 persen untuk pendidikan dari APBN. Karena menurunya, efektivitas penggunaan masih harus dipertanyakan. “Niat pemerintah mengalokasikan anggaran 20 persen untuk pendidikan adalah langkah luar biasa. Negara lain tidak mempunyai kemewahan tersebut. Oleh karena itu, langkah dan niat yang sudah tepat harus diikuti strategi pemasaran yang tepat pula,” tuturnya.

Selain itu, dia juga menyinggung perihal diskriminasi pemerintah yang lebih mengutamakan perguruan tinggi negeri dari perguruan tinggi swasta, terutama dalam urusan anggaran.

Yohanes mengatakan, dana yang besar sudah disalurkan untuk perguruan tinggi negeri oleh pemerintah pusat. Sementara perguruan tinggi swasta masih belum mendapat anggaran yang cukup dari pemerintah pusat.

Asisten II Setda Provinsi NTT, Semuel Rebo meminta wisudawan untuk fokus membuka lapangan kerja dan terjun ke dunia usaha. “Tenaga kerja yang berkompeten dan relevan dalam kebutuhan pasar sangat dibutuhkan di dunia usaha,” ungkapnya.

Menurut Semuel, pemerintah daerah terus mendorong perguruan tinggi meluluskan tenaga kerja yang siap pakai dan sarjana yang bisa membuka lapangan kerja. Untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten secara global, lulusan perguruan tinggi harus dibekali kemampuan keilmuan yang adaptif yang dapat dikembangkan seluas atau sesuai dengan kebutuhan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Diharapkan para sarjana baru yang diwisuda untuk memiliki karakter yang kuat. Punya kepekaan terhadap nilai sosial dan budaya bangsa, kemandirian, semangat kewirausahaan yang tinggi,” paparnya.

Perwakilan wisudawan, Hendrik Danial Bilaut dalam kesempatan itu mengucapakan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, mendidik, membimbing dan pada akhirnya para wisudawan dinyatakan meraih gelar sarjana ekonomi.

Sebagai seorang sarjana tentunya siap melakukan kompetisi dan membantu membangun NTT dan Indonesia pada umumnya. “Walau almanater kami dianggap kecil, kami sebagai lulusan siap berkompetisi di dunia kerja untuk membuktikan bahwa kemampuan lulusan juga tidak kalah dengan perguruan tinggi lain di NTT,” ujarnya.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!