PD Merugi Akan Ditutup – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

PD Merugi Akan Ditutup

Wawali: Masih Dikaji Akuntan Publik

KUPANG, TIMEX – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang sampai saat ini belum melakukan seleksi pengisian jabatan kosong untuk direktur pada beberapa perusahaan daerah (PD) yang ada.

Ada beberapa perusahaan daerah milik Pemkot Kupang, yaitu PDAM Kota Kupang yang sampai saat ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), PT Sasando yang sampai saat ini belum ada kejelasan, dan juga PD Pasar dan KPN Maju.

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, mengaku sampai saat ini pemerintah belum melakukan seleksi pengisian jabatan direktur perusahaan daerah karena masih menemui beberapa kendala.

“Kami masih menemukan beberapa kendala, dan kami akan menutup perusahaan daerah yang merugikan, dan sudah tidak bisa beroperasi lagi atau membawa keuntungan bagi daerah,” katanya.

Hermanus mengaku, suatu perusahaan daerah haruslah mendatangkan suatu keuntungan, dan jika memang tidak ada keuntungan yang didapat, maka tentunya perusahaan ini harus ditutup karena hanya akan merugikan pemerintah daerah.

“Jika tidak ada untung kenapa harus dipertahankan. Tujuan adanya perusahaan daerah adalah mendatangkan keuntungan, jika tidak ada untuk kenapa kita pertahankan. Jadi kami akan tutup satu atau dua perusahaan daerah yang ada ini,” katanya.

Wawali mengaku, perusahaan daerah yang akan ditutup belum bisa diinformasikan, karena masih harus melalui kajian akuntan publik, menyangkut keuntungan dan kerugian yang ada.

“Yang dinilai dari keuntungan di sini bukan hanya dilihat dari jumlah uang. Bisa juga dari jumlah pegawai yang dipekerjakan,  perannya dalam menjalankan tugas, dan aspek lainnya. Jadi kajian harus dilakukan dari semua aspek agar tidak menimbulkan persoalan,” ujarnya

Hermanus mencontohkan, Perusahaan Daerah Pengelola Pasar, tidak bisa dibubarkan begitu saja, karena pasar harus ada perusahaan daerah yang mengelolanya.

Selain itu ada pegawai yang bekerja di sana dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga tentunya tidak bisa ditutup.

“Mungkin kami hanya mengintruksikan agar manajemen di PD Pasar yang dirubah, agar dapat mendatangkan keuntungan dalam bentuk uang untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah saja. PD Pasar tidak bisa ditutup begitu saja, karena memiliki peran yang penting, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, ada tiga aspek penting dalam pengelolaan perusahaan daerah. Yang pertama lembaganya, orang yang mengelola dan ketiga manajemennya.

Tiga hal ini sangat penting bagi tumbuh kembangnya suatu perusahaan daerah.

“Jika suatu perusahaan daerah memiliki lembaga yang baik,  manajemen yang baik dan dipimpin oleh yang tepat, maka tentu perusahaan ini akan terus bergerak maju. Sementara jika manajemen nya baik, lembaganya baik, tetapi jika dipimpin oleh orang yang salah, maka tentu akan menjadi masalah dan menjadi bom waktu bagi perusahaan,” kata Wawali Kupang dua periode ini. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!