Fary Francis Serahkan 39 Bukti ke MK – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Fary Francis Serahkan 39 Bukti ke MK

Sidang Pendahuluan Sengketa PHPU Pileg 9 Juli

JAKARTA, TIMEX– Selasa (11/6) sekira pukul 11.00 WIB, kuasa hukum pemohon gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 Pemilu Legislatif (Pileg) DPR RI, Fary Djemi Francis, Antonius Ali menyerahkan 39 bukti surat ke Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI).

Dengan diserahkannya seluruh bukti surat tersebut, pihaknya tinggal menunggu surat pemberitahuan dari Kepaniteraan MK RI terkait jadwal pelaksanaan sidang dengan agenda pemeriksaan pendahuluan.

Kepada Timor Express di Jakarta petang kemarin, Antonius Ali mengaku selaku kuasa hukum pemohon gugatan PHPU Pileg, dirinya sudah menyerahkan 39 bukti surat ke Kepaniteraan MK RI. “Tadi (siang kemarin, Red), saya bersama tim hukun dari DPP Partai Gerindra sudah serahkan semua bukti surat ke MK. Dan saya selaku kuasa hukum Pak Fary, juga sudah serahkan 39 bukti surat,” jelas advokat Peradi NTT ini.

Dijelaskan, setelah menyerahkan bukti surat, maka pihaknya tinggal menunggu pemberitahuan dari Kepaniteraan MK RI tentang jadwal pelaksanaan sidang pertama dengan agenda pemeriksaan pendahuluan. “Yah, kalau sudah serahkan bukti surat maka kita tinggal tunggu pemberitahuan saja dari MK tentang pelaksanaan jadwal sidang perdana dengan agenda pemeriksaan pendahuluan. Karena, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan MK sidang perdana sengketa PHPU Pileg baru akan digelar pada 9-12 Juli mendatang,” ujar Antonius.

Untuk diketahui, pencatatan permohonan pemohonan ke Buku Registrasi Perkara Konstitusi untuk Pemilu Legislatif akan dilaksanakan pihak Kepaniteraan MK RI pada 1 Juli mendatang dan dilanjutkan dengan penyampaian salinan permohonan dan pemberitahuan sidang pertama kepada pihak pemohon, pihak terkait dan Bawaslu. Dan sidang perdana dengan agenda pemeriksaan pendahuluan baru akan digelar pada 9-12 Juli mendatang.

Selanjutnya, agenda sidang lanjutan yang akan digelar juga yakni pemohon akan diminta untuk menyerahkan perbaikan jawaban dan keterangan dari pihak pemohon. Agenda sidang selanjutnya yakni pemeriksaan diagendakan pada 13-30 Juli. Dan berikutnya yakni Rapat Pemusyawaratan Hakim (RPH), dilanjutkan dengan sidang pengucapan putusan yang akan digelar pada 6-9 Agustus mendatang dan terakhir yakni penyerahan salinan putusan dan pemuatan hasil putusan majelis hakim MK RI terkait perkara gugatan PHPU Pileg pada laman MK RI. (gat/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!