PDIP NTT Bahas Jatah Ketua DPRD – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

PDIP NTT Bahas Jatah Ketua DPRD

Pada Rakernas Pekan Depan

KUPANG, TIMEX-Teka-teki jabatan Ketua DPRD Provinsi NTT terus bergulir. PDI Perjuangan yang berhak atas kursi tersebut akan membahasnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam waktu dekat.

Hal ini dijelaskan Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT, Nelson Matara saat dikonfirmasi Timor Express terkait penentuan nama calon ketua DPRD NTT yang diusulkan ke DPP.

“Belum ada (nama-nama calon). Tanggal 19 (Juni) baru Rakernas bicara tentang pimpinan DPRD,” kata Nelson di Kupang Selasa (11/6).

Mantan Wakil Ketua DPRD NTT itu jelaskan, hingga saat ini PDI Perjuangan belum membahas khusus terkait hal tersebut. Pasalnya, semua baru akan dibahas dalam Rakernas nanti. Misalnya terkait aturan penentuan pimpinan DPRD.

“Rakernas itu bicarakan tentang sosialisasi Kongres, konsolidasi partai, evaluasi DPD dan DPC serta sosialisasi tentang pimpinan DPRD,” terang Nelson.

Nelson Matara yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT merupakan kandidat kuat dalam perebutan kursi Ketua DPRD NTT. Pasalnya, Nelson memenuhi tiga syarat utama, yakni jabatan di organisasi, pengalaman dan juga perolehan suara.

Nelson terpilih dari daerah pemilihan NTT II yang meliputi Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua. Nelson juga menjadi salah satu caleg DPRD NTT yang meraih suara tinggi. Selain itu, dari segi pengalaman, Nelson adalah anggota DPRD NTT sejak 1999. Di periode 2014-2019, Nelson menjabat wakil ketua DPRD NTT. Namun pada 2018 lalu mengundurkan diri untuk bertarung di pemilihan bupati Kupang. Setelah gagal jadi bupati, Nelson kembali menjadi caleg dan terpilih kembali di dapil yang sama.

Selain Nelson, empat kader lain juga memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan tersebut. Yang pertama, yakni Emelia Nomleni yang pernah menjadi calon wakil gubernur NTT 2018 lalu. Emi sebelumnya menjadi anggota DPRD NTT dua periode pada 2004-2009 dan 2009-2014. Dari daerah pemilihan NTT VIII (TTS).

Nama yang kedua adalah Yunus Takandewa dari dapil III yang meliputi daratan Sumba. Yunus saat ini menjabat wakil ketua DPRD NTT menggantikan posisi Nelson yang mundur.

Nama berikutnya adalah mantan anggota DPRD NTT dua periode, Viktor Mado Watun. Mantan wakil bupati Lembata ini juga memiliki kans besar untuk menduduki ketua DPRD NTT. Sebagai perwakilan dari dapil NTT VI.

Nama lainnya adalah Emanuel Kolfidus. Politikus PDIP asal Kabupaten Sikka ini juga meraih suara signifikan di Dapil NTT V. Eman yang kini duduk di Komisi I DPRD NTT juga digadang-gadang menduduki jabatan yang kini masih dipegang Partai Golkar, yakni Anwar Pua Geno itu.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!