Penganggur Terbuka di Ende 3.000-an – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Penganggur Terbuka di Ende 3.000-an

ENDE, TIMEX – Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Ende, Subhan Wanda mengatakan, di Kabupaten Ende terdapat tiga ribuan pengangguran terbuka. Hal ini didasarkan pada jumlah atau banyak warga yang mengurus kartu kuning.

Kepada Timor Express di kantor bupati Ende, Senin (10/6) Subhan menjelaskan, hingga bulan Mei 2019, berdasarkan data yang ada jumlah pengangguran terbuka mencapai tiga ribuan dan belum termasuk dengan siswa SMA yang telah tamat dan tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dan memilih bekerja.

“Kita berharap yang sudah berumur 18 tahun bisa mengurus kartu kuning biar kita bisa mengetahui dan menginventarisir banyaknya tenaga kerja yang ada di Kabupaten Ende. Jikapun sudah bekerja, diharapkan bisa melaporkan ke dinas,” ujar dia.

Berkaitan dengan cara menekan angka pengangguran, ia mengatakan, dinas telah menyiapkan balai latihan kerja bagi siswa yang tidak ingin melanjutkan ke tingkat lebih tinggi atau kepada mereka yang putus sekolah. Melalui BLK, diharapkan mereka bisa membuka usaha sendiri atau setidaknya bisa mempunyai keterampilan untuk bisa membuka usaha sendiri.

“Selama ini terbanyak ada yang mengikuti teknisi HP. Ini sudah berjalan dua tahun. Disamping itu ada beberapa lainnya seperti mebeler dan lainnya,” kata Subhan.

Terpisah, anggota DPRD Ende, Philipus Kami yang ditemui di gedung DPRD Ende mendorong agar Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja mengetahui pasti jumlah angka tenaga kerja yang ada dan berapa yang masih menganggur. Data pasti bisa menjadi bahan untuk melakukan intervensi dalam penanganan.

“Segera data angka tenaga kerja atau pengangguran, sehingga ke depannya melalui kebijakan bisa diintervensi dalam penanganan mereka,” ujarnya.

Dia berharap angka pengangguran bisa diklasifikasi dari setiap jenjang pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!