Lulusan STIKOM Sarjana 4.0 – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Lulusan STIKOM Sarjana 4.0

WISUDA.Ketua STIKOM Uyelindo Kupang, Marinus Lamabelawa memindahkan tali toga wisudawan dalam wisuda XIII Sarjana dan Diploma serta Dies Natalis XIX di Ballroom Grand Mutiara Kupang, Rabu (12/6)

ERIK SELLY FOR TIMEX

KUPANG, TIMEX – Di tengah persaingan dunia pendidikan tinggi yang kompetitif, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang kembali menyumbang lulusan-lulusan yang kompeten di bidang teknologi.

Para wisudawan dikukuhkan melalui Sidang Senat Terbuka pada wisuda XIII Sarjana dan Diploma serta Dies Natalis XIX di Ballroom Grand Mutiara Kupang, Rabu (12/6).

Ketua STIKOM Uyelindo Kupang, Marinus I.J. Lamabelawa mengatakan, menjadi sarjana tidak mudah dalam rumpun ilmu teknik. Apalagi pada program studi berbasis teknologi informasi yang saat ini berkembang sangat progresif.

Di satu sisi, perkembangan teknologi informasi terbaru dalam era revolusi industri 4.0 menuntut perguruan tinggi (PT) dan program studi (prodi) untuk terus menyesuaikan dengan kurikulum secara kontinu. Selain itu mahasiswa dengan keterbatasan yang ada, terus didorong untuk ikut berkompetisi dengan semangat pantang menyerah mengikuti ritme perkembangan teknologi informasi melalui bimbingan para dosen.

“Puncaknya ketika kedua sisi saling menguatkan, maka terciptalah sarjana yang tidak hanya menyelesaikan tugas akhir dan selesai. Tetapi sarjana yang kerjanya terus berlanjut. Punya kekuatan untuk terus lanjut dan kompatibel dengan perkembangan teknologi baru di era revolusi industri 4.0,” kata Marinus.

Dia yakini, para lulusan dapat mempertanggungjawabkan apa yang dipelajari kepada masyarakat. Dan itu telah terbukti pada sarjana yang dihasilkan STIKOM Uyelindo Kupang. “Sehingga lulusan kali ini boleh dilabelkan sebagai sarjana milenial atau sarjana 4.0,” ujarnya.

Dengan demikian, mereka telah ikut berkontribusi mengantarkan seluruh civitas akademika untuk meraih tonggak pencapaian yang saat ini akan memasuki Renstra baru “daya saing nasional” tahun 2019-2024, dalam mewujudkan visi STIKOM menjadi perguruan tinggi terbaik, terdepan, unggul, berkarakter dan berdaya saing pada 2030.

Wisuda ini sebagai puncak dari rangkaian kewajiban/dharma perguruan tinggi (Tridharma) dan sebuah perayaan sukacita dan rasa syukur atas pengukuhan 126 anak didik.

Mereka terdiri dari 14 lulusan ahli madya komputer dari program studi Teknik Informatika Diploma III, 23 lulusan sarjana dari program studi sistem informasi dan 89 lulusan sarjana dari program studi Teknik Informatika S1.

“Maka demikian hari ini anda telah resmi bergabung dalam 2.502 ikatan alumni yang secara emosional merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari civitas akademika,” ungkapnya.

Marinus mengaku, proses wisuda kali ini juga merupakan wisuda yang paling spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahun le-19 STIKOM Uyelindo.

Menurutnya, usia ini masih sangat muda, namun terus bekerja keras dalam menjaga keseimbangan dan kematangan untuk tetap konsisten menjaga kualitas penyelenggaraan pendidikan, sebagai wujud tanggung jawab publik dalam rangka mencapai tujuan terlaksananya misi dan terwujudnya visi dengan capaian yang telah STIKOM raih.

Wisudawan yang dikukuhkan ini adalah sumber daya yang handal, aset dan kekayaan NTT. Saka selanjutnya diserahkan para lulusan tersebut kepada pimpinan daerah untuk diberdayakan dalam membangun daerah ini.

“Banyak lulusan kami telah berkarya pada instansi pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Bahkan sampai pada kelurahan/desa dengan kualitas yang sudah teruji,” paparnya.

Kepada wisudawan, Marinus berpesan, jadilah generasi milenial yang bijak, kritis, konstruktif dan kreatif. Terus berjuang untuk menggapai cita-cita dan karir.

“Jadilah seperti api yang selalu bercahaya terang di tengah masyarakat,.Teruslah belajar, jadilah seperti menara air yang terus mengalir menghapus dahaga teknologi informasi, Jika tidak, anda tentunya bermula untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa,” tutupnya.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!