SMPN 4 Langke Rembong UAS Gunakan HP – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

SMPN 4 Langke Rembong UAS Gunakan HP

PANTAU. Kepala SMPN 4 Langke Rembong, Wenseslaus Resman Yan memantau pelaksanaan UAS berbasis android, Selasa (11/6).

FANSI RUNGGAT/TIMEX

RUTENG, TIMEX – Era digitalisasi dimanfaatkan dengan baik oleh SMPN 4 Langke Rembong. Di mana, untuk pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) tahun 2019, pelajar  menggunakan handphone (HP).

Pantauan Timor Express, Selasa (11/6), pelajar kelas VII dan VIII SMPN 4 Langke Rembong melaksanakan UAS berbasis android. Setiap pelajar memegang HP. Mereka tampak serius mengerjakan soal-soal pilihan ganda yang muncul dari layar android mereka. Karena ujian hanya bisa akses melalui HP dan secara online. Begitu ujian mulai, HP masing-masing peserta langsung diaktifkan.

Ada juga yang menggunakan komputer. Tapi khusus bagi pelajar yang saat ujian berlangsung, terjadi ada masalah atau gangguan pada HP. Untuk jaringan akses internet, HP tersambung jaringan wifi Telkom Flash milik sekolah. Ujian berbasis teknologi itu diawasi guru dari sekolah setempat.

Kepala SMPN 4 Langke Rembong, Wenseslaus Resman Yan, yang ditemui Timor Express di ruang kerjanya, Selasa (11/6) menjelaskan, jumlah peserta UAS kelas VII dan VIII sebanyak 403 orang. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan simulasi kepada pelajar. Juga memberitahu kepada orang tua.

“Sebelumnya kami sudah surati orang tua siswa agar mengizinkan anak membawa HP ke sekolah untuk kepentingan UAS berbasis teknologi. Orang tua mereka mendukung. Pelajar sendiri juga sudah diberikan simulasi,” ujarnya yang didamping tim IT, Isodorus Aprino Tondo.

Simulasi dilakukan tiga hari, agar pelajar bisa matang dalam menjalankan ujian berbasis android. Pertimbangan menerapkan ujian berbasis android, sebagai upaya memperkenalkan kemajuan teknologi bagi siswa. Biar ke depan, saat menghadapi UNBK, pelajar tidak ragu lagi. Selain itu menghemat pemakaian kertas.

Menurut dia, ujian berbasis android merupakan upaya mengatasi soal di sekolah yang terkendala terbatasnya peralatan komputer. Di mana, sekolah SMPN 4 Langke Rembong sudah terapkan UNBK. Pelaksanaan UNBK baru pertama dilaksanakan tahun 2019 dan suskes dilaksanakan.

Katanya, UAS berbasis android sudah dilaksanakan sejak, Sabtu (8/6) hingga selesai, Kamis (13/6). Dalam satu hari, ujian dilaksanakan empat sesi dengan waktu 90 menit per satu mata pelajaran. Satu HP dipakai oleh satu orang pelajar dan tidak bisa dipinjamkan. Ujian menggunakan android, peserta tidak bisa saling menyontek dengan teman.

“Dengan menggunakan android skor nilai juga langsung diketahui oleh masing-masing siswa. Nanti sistem sendiri yang memeriksa kunci jawaban dan memberi nilai. Ujian ke depan kita berbasis teknologi,” katanya.

Sementara, tim IT, Isidorus Aprino Todon menambahkan, semua soal ujian sudah dimasukkan ke server lokal. Di mana, setiap guru mata pelajaran diberi akun untuk bisa input soal dan jawaban ke server. Seluruh HP android milik peserta UAS, juga diinstal aplikasi khusus untuk UAS. Disini peserta tidak bisa berbuat curang.

“Semua soal dan kunci jawaban sudah dimasukkan ke server oleh guru mata pelajaran. Sehingga siswa langsung mengerjakan soal. Peserta juga tidak bisa berbuat cuarang, seperti mencari jawaban dengan menggunakan mesin pencari seperti google. Karena HP kami sudah seting,” ujarnya.

Dia menjelaskan, saat jam ujian dimulai, HP siswa langsung diaktifkan. Sistem android yang ada dilengkap dengan waktu lamanya mengerjakan soal. Sistem tersebut juga otomatis langsung mengacak soal. Sehingga siswa yang duduknya berdekatan tidak mendapat soal yang sama. Jika dalam pelaksanaan terjadi gangguan pada HP, maka siswa bisa mengerjakan ujian menggunakan laptop yang disediakan sekolah.

“Kami juga siapkan komputer dan laptop sebanyak 30 unit. Ini manakala ada HP milik peserta terjadi gangguan. Tapi berbasis semi online. Di mana mereka kerja soal secara online. Nanti selesai kerja, hasil jawaban dari peserta di-input ke server. Sehingga server yang proses untuk menilai jawaban dari peserta,” bilang Isidorus. (krf3/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!