PPDB Online Memudahkan Calon Peserta Didik – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

PPDB Online Memudahkan Calon Peserta Didik

NAIKOTEN I, TIMEX – Proses penerimaan peserta didik baru dengan sistem online memudahkan calon peserta didik baru karena proses pendaftaran tidak perlu membuang tenaga dan biaya. Tak perlu mengantre di sekolah.

Calon peserta didik baru untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) bisa mengakses dan mendaftar melalui web : http://ntt.siap.ppdb.com lalu mengikuti perintah yang ada.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Aloysius Min menjelaskan proses pendaftaran akan dibuka secara serentak pada tanggal 24-26 Juli 2019.

Waktu pendaftaran akan dibuka sesuai dengan jam kerja yakni pada pukul 08.00-16.00. “Calon peserta didik tidak bisa mengakses di luar jam yang sudah ditentukan karena aplikasi tersebut akan terkunci secara otomatis jika sudah melewati jam yang ditentukan,” ujarnya kepada Timor Express di ruang kerjanya, Senin (10/6).

Dikatakan dengan sistem yang diseting pada aplikasi tersebut maka menutup akases kemungkinan terjadinya kecurangan yang terjadi setiap tahunnya.

Aloysius menambahkan, selain waktu yang ditentukan, web tersebut juga terkunci setelah kuota penerimaan 90 persen yang dibutuhkan pada jalur pendaftaran online penuh. “Kuota tersebut sudah diatur pada keputusan gubernur NTT sehingga tidak terjadi penumpukan mahasiswa atau calon peserta didik tidak bisa memaksakan diri masuk sekolah yang dianggap favorit,” tambahnya.

Lanjutnya dengan demikian para calon peserta didik yang sudah memilih sekolah tujuannya itu harus cepat melakukan pendaftaran saat proses pembukaan. “Calon siswa harus cepat karena sistim ini siapa cepat maka dia yang dapat,” katanya.

Ini langkah-langkah yang harus dilakukan calon peserta didik pada saat pendaftaran hingga tahapan ferifikasi serta pengumuman. Pertama, calon peserta didik terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online pada web http://ntt.siap.ppdb.com.jika sudah terdaftar dilakukan printout bukti pendaftaran serta memlengkapi berkas PPDB yang dibutuhkan yakni Kartu Keluarga dan ijazah atau surat keterangan lulus.

Peserta didik setelah mendaftar langsung mendatangi sekolah yang dipilih saat itu juga untuk melakukan ferivikasi. Jika tidak melakukan verifikasi maka akan dinyatakan gugur.

Langkah berikut yang harus dilakukan setelah setelah dintakan diterima, peserta didik melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada saat pendaftaran ulang peserta didik harus melengkapi berkas berupa formulir dapodik, fotocopy ijazah SMP sederajat yang dilegalisir, fotocopy, pas foto terbaru, fotocopy kartu keluarga dan fotocopy akta kelahiran.

Untuk diketahui proses pendaftaran online akan dibuka dua gelombang. Gelombang I pada secara serentak untuk pendaftaran online pada tanggal 24-26 Juni 2019, sekaligus dilakukan proses verifikasi pada waktu yang sama. Lalu pengumuman hasil pada tanggal 27 juni dan pendaftaran ulang tanggal 29 Juni-1 Juli 2019.

Pendaftaran Gelombang II dibuka kembali pada tanggal 2-3 juli 2019 sekaligus dilakukan proses verifikasi pada waktu yang sama. Lalu pengumuman hasil pada tanggal 4 Juli dan pendaftaran ulang tanggal 6-8 Juli 2019. (mg29/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!