SMKN 1 Kupang Latih 13 Staf Sinode GMIT – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

SMKN 1 Kupang Latih 13 Staf Sinode GMIT

KERJA SAMA. Kepala SMKN 1 Kupang, Mathias Makarios Beeh, S.ST.Par dan Wakil Sekretaris Sinode GMIT, Pdt. Marselince Ay Touselak, S.Th bersama para peserta pelatihan dan pemateri, usai acara pembukaan di ruang rapat SMKN 1 Kupang, Rabu (12/6).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Tentang Penataan Data dan Arsip

OETETE, TIMEX – Untuk meningkatkan pengetahuan staf administrasi, Kantor Sinode GMIT mengadakan kerja sama dengan SMK Negeri 1 Kupang untuk pelatihan pengelolaan administrasi dan penataan data dan arsip.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, yakni 12-15 Juni 2019. Kegiatan ini secara resmi dibuka Wakil Sekretaris Sinode GMIT, Pdt. Marselince Ay Touselak, S.Th di ruang rapat SMKN 1 Kupang, Rabu (12/6).

Pdt. Marselince dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena SMK telah membuka diri untuk menerima para peserta yang akan berlatih.

Kegiatan ini dianggap sangat luar biasa karena telah diagendakan sejak tahun lalu dan diyakini bahwa kegiatan berlangsung atas campur tangan Tuhan.

Pdt. Marselince menambahkan kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang dibahas dan disepakati melalui persidangan di tingkat Sinode GMIT sehingga ini menjadi program prioritas.

Dikatakan, kerja sama Sinode GMIT dan SMKN 1 Kupang bukan baru dilaksanakan namun sebelumnya juga telah terjalin kerja sama para mahasiswa. “Mahasiswa telah diizinkan berpraktek di sini dan kerja sama ini sudah berlangsung lama namun untuk para staf baru dilaksanakan,” ungkapnya.

Alasan Sinode GMIT memilih SMK 1 untuk berlatih karena dinilai memiliki kemampuan serta memiliki talenta yang lebih sehingga ini perlu memberikan sumbangsih bagi Sinode untuk kepentingan pelayanan di wilayah kerjanya GMIT.

Ia mengatakan seiring perkembangan zaman mesti diikuti peningkatan IT sehingga melalui kegiatan ini bisa meningkatkan sumberdaya atau kapasitas di kantor untuk menjawab semua tantangan dan perkembangan yang terjadi. “Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya satu kali digelar namun akan berkelanjutan karena sistem kependidikan yang ada juga merupakan peranan penting dari Sinode GMIT,” katanya.

Kepada seluruh peserta yang terlibat dalam pelatihan, diharapkan dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan baik serta sungguh-sungguh sehingga mampu menyerap semia materi yang akan diberikan oleh para pemateri.

“Untuk proses belajar tidak melibat dari usia, siapa saja bisa belajar dan dimana saja maka peserta pelatihan harus serius menyimak apa yang disampaikan,” paparnya.

Mathias Makarios Beeh, S.ST.Par kepada Timor Express mengatakan dalam kegiatan ini dapat melakukan penataan baik itu kearsipan sistem manajemen dilakukan khusus untuk staf yang berkaitan langsung dengan pelayanan di Sinode.

Dengan penyelenggaraan ini pihaknya harus berbangga karena bisa dipercayakan untuk bisa berbagi pengalaman. “Saya anggap ini bukan kita menata apa atau melatih siapa tapi kita sering bagaimana berbagi pengalaman untuk sebuah layanan yang terbaik dan kebetulan kami SMK 1 sudah memiliki sistem manajemen mutu berbasis ISO dan sertifikat sejak tahun 2007 sudah ada dan mungkin lihat itu kami diberi kepercayaan untuk bisa bersama-sama menata hal-hal yang mungkin start awalnya dari kenyataan administrasi dan kepegawaian di sinode,” ungkapnya.

Dengan jangkauan wilayah kerja Sinode yang luas maka usai pelatihan ini pihaknya memberikan aplikasi program (software) agar bisa dipakai oleh Sinode GMIT untuk menjangkau semua pelayanannya dengan yang dibutuhkan. “Kita sudah ada software yang sudah diciptakan oleh tim untuk bisa menjawab kebutuhan dan namun semua itu nanti selama empat hari kita lihat apa ketersediaan dan nyambung tidak apa yang diharapkan,” ungkapnya.

SMK Negeri 1 Kupang dalam pelatihan tersebut mempersiapkan sebanyak 11 orang tenaga pelatihan untuk latihan kepada 13 peserta dari Kantor Sinode. (mg29/jpg/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!