2020 Institut Vokasi Timor Hadir di TTS – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

2020 Institut Vokasi Timor Hadir di TTS

Jurusan Akademik dan Pendidikan Profesi

SOE, TIMEX – Fenomena yang terjadi saat ini adalah antara pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan ekonomi masyarakat hampir berjalan berimbang. Karena itu, dunia pendidikan belakangan berupaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan memaksimalkan jenis-jenis pendidikan yang ada seperti pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan juga jenis pendidikan profesi.

Berangkat dari fenomena itu, maka di Kabupaten TTS tahun 2020 rencanannya akan beroperasi Institut Vokasi Timor (Invomor) yang akan mengaplikasikan pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan juga pendidikan profesi.

Wakil Ketua I Invomor Kabupaten TTS, Kosmas Boimau saat sosialisasi keberadaan Invomor kepada ASN, Senin (26/5) lalu menjelaskan, keberadaan Invomor di TTS dipadang perlu karena Invomor yang bernaung di bawah Yayasan Manekan SoE tidak hanya fokus pada akademik melainkan pada pendidikan vokasi dan pendidikan profesi. Pendidikan vokasi dan profesi sangat dibutuhkan, karena jika seseorang memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni namun tidak menguasai teknik praktik di lapangan, tentu hal itu tidak akan bermanfaat bagi dirinya dan juga bagi orang lain. Sehingga, pendidikan vokasi dan juga pendidikan profesi patut disediakan untuk mendidik masyarakat yang ingin memiliki keterampilan untuk memasuki dunia kerja.

“Jadi Invomor mempersiapkan orang untuk menjadi tenaga terampil di dunia kerja, bukan saingan bagi STKIP yang sudah ada di TTS,” katanya.

Karena Invomor merupakan aplikasi dari tiga jenis pendidikan sesuai dengan amanat Undang-undang Pendidikan, maka Invomor yang berlindung di bawah Yayasan Manekan SoE akan memberikan kesempatan kepada masyarakat TTS dan umumnya masyarakat NTT untuk membina pengetahuan dan keterampilan tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Karena Invomor tidak akan bergantung pada anggaran operasional yang bersumber dari registrasi mahasiswa, karena saat ini Invomor tengah membangun komunikasi dengan sejumlah donatur untuk operasional Invomor di Kabupaten TTS.

“Saya kira kalau mahasiswa yang hanya ingin membina keterampilan, dengan waktu paling lama enam bulan tidak perlu bayar. Kami sedang bangun komunikasi dengan donatur, jadi bisa saja donatur yang biayai dan setelah menyelesaikan pendidikan langsung kerja di perusahaan donatur,” terang dia.

Saat ini panitia pendiri tengah mempersiapkan administrasi pendirian Invomor dan dalam waktu dekat tim pengkaji akan turun untuk melakukan kajian. Selain mempersiapkan administrasi, panitia pendiri juga tengah berkoordinasi dengan Pemkab TTS untuk kontrak gedung Pemkab TTS yang repsentatif untuk kelangsungan kegiatan Invomor. Namun jika Pemkab TTS tidak menyediakan, Yayasan Manekan SoE akan berupaya untuk menyediakan gedung operasional Invomor. “Yang menjadi tenaga pengajar di Invomor adalah anak-anak TTS yang berhasil di luar TTS dan memiliki keterampilan spesifik. Karena banyak anak-anak TTS yang berhasil baik di dalam Provinsi NTT maupun yang ada di luar Provinsi NTT,” ucap Kosmas.

Sementara, Bupati TTS, Egusem Tahun usai ibadat ASN meminta dukungan agar ASN lingkup Pemkab TTS mendukung Invomor, karena Invomor merupakan lembaga pendidikan yang dinilai baik bagi masyarakat TTS. Karena Invomor tidak hanya membina akademis masyarakat, melainkan membina vokasi dan juga pendidikan profesi. Sehingga melalui lembaga pendidikan Invomor, masyarakat TTS dapat meningkatkan kualitas hidup baik itu di bidang keterampilan juga di bidang ilmu pengetahuan.

“Di Invomor masyarakat kelompok tenun misalnya bisa belajar tentang bagaimana proses menenun yang baik, campuran warna yang serasi dan ilmu-ilmu lainnya dalam hal menenun. Begitupun dalam bidang pertanian dan peternakan, masyarakat bisa melatih diri di Invomor. Begitu juga mereka yang ingin mendalami ilmu pengelolalaan keuangan, pembukuan dan sebagainya,” kata Egusem. (yop/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!