Pemkot Ajukan 1.700 Formasi – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pemkot Ajukan 1.700 Formasi

Rekrutmen CPNS dan P3K

KUPANG, TIMEX – Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mengajukan sebanyak 1.700 orang untuk formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah  (CPNSD) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak Kerja  (P3K), ke Kementerian Pembardayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Formasi yang diajukan dengan rincian P3K sebanyak 70 persen atau 1.200 formasi, CPNSD sebanyak 30 persen atau 500 formasi.

“Kemarin kami bersama Penjabat Sekda mengikuti pertemuan dan memasukan usulan kebutuhan CPNS ke Kemenpan-RB, sesuai dengan hasil analisis kebutuhan ASN di lingkup Pemerintah Kota Kupang,” katanya saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Jumat (14/6).

Menurutnya, untuk Formasi P3K, Pemkot Kupang lebih fokus pada tenaga fungsional, seperti Penyuluh Pertanian dan Pranata Komputer. Sementara untuk tenaga teknis lebih difokuskan untuk formasi CPNSD.

“Karena kuota untuk P3K sebanyak 70 persen, maka pemerintah memfokuskan pada tenaga Penyuluh Pertanian dan Pranata Komputer. Sisanya 30 persen, untuk CPNS Daerah yang difokuskan pada tenaga teknis. Kami sudah melakukan kajian dan ini memang sudah sesuai dengan analisi kebutuhan yang dilakukan oleh BKPPD,” ujarnya.

Ade Manafe mengaku, untuk formasi penerimaan CPNSD tahun 2019, pemerintah mengajukan sebanyak 500 orang sesuai dengan kebutuhan.

Pengajuan formasi sebanyak itu sesuai dengan kebutuhan rill yang dibutuhkan Pemerintah Kota Kupang, karena saat ini pemerintah Kota Kupang mengalami kekurangan pegawai negeri, pasca diberlakukan moratorium penerimaan CPNS sejak tahun 2013 lalu.

Sebelumnya, Ade Manafe mengatakan, Pemkot Kupang segera mengirimkan formasi kebutuhan pegawai yang dibutuhkan untuk tahun 2019.

Pasalnya, beberapa waktu lalu, Kemenpan-RB telah menginstruksikan agar semua daerah mengirimkan formasi kebutuhan pegawai, agar bisa ditindaklanjuti dan ditentukan formasi CPNS 2019 untuk semua daerah di Indonesia.

“Beberapa waktu lalu kami sudah rapat bersama Kemenpan-RB dan mereka sudah meminta agar semua pemerintah daerah memasukan daftar kebutuhan pegawai, agar dapat menjadi acuan di kementerian dalam penetapan formasi CPNS 2019 beserta dengan kuota yang dibutuhkan,” kata Kepala Badan Kepegawaian,  Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe.

Ade mengaku, saat ini pihak BKPPD masih melakukan kajian atau analisis kebutuhan pegawai, karena sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Kemenpan-RB, formasi kebutuhan pegawai sudah harus dikirimkan pada minggu kedua bulan Juni ini.

“Kami sementara berproses, dan akan kirimkan pada tanggal 11 Juni mendatang saat masuk libur Idul Fitri, sesuai dengam instruksi pemerintah pusat,” ujarnya.

Ade mengaku, setelah semua daerah mengirimkan formasi kebutuhan pegawai, barulah kementerian akan memberikan kuota dan juga formasi CPNS tahun 2019, kerena tentunya kebutuhan masing-masing daerah itu berbeda.

“Yang pasti dalam waktu dekat sudah ada penetapan dari Kemenpan- RB, karena ini sudah memasuki bulan Juni, tentunya harus segera diproses, terkait penetapan formasi, kuota dan jadwal CPNS sendiri,” katanya.

Menurutnya, CPNS tahun 2019 mungkin akan lebih diprioritaskan bagi K2, yang sudah belasan bahkan puluhan tahun mengabdi di pemerintah daerah, tetapi semuanya kembali lagi pada kebijakan pemerintah pusat. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!