Populasi Sapi di SBD Meningkat 1,5 Persen – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Populasi Sapi di SBD Meningkat 1,5 Persen

KONTES. Inilah salah satu ternak sapi yang diikutkan dalam kontes sapi, Kamis (13/6).

EDY BEREN/TIMEX

Pemkab Adakan Kontes Sapi

TAMBOLAKA, TIMEX – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengadakan kontes ternak sapi, Kamis (13/6). Kontes ternak sapi yang merupakan ajang tahunan sejak empat tahun lalu itu, bertujuan merangsang peternak untuk semakin giat membudidayakan ternak sapi demi peningkatan populasi sapi di Sumba Barat Daya (SBD).

Kontes ternak sapi tahun 2019 diikuti 55 ekor dari lima kategori yakni kategori pejantan unggul, kategori calon pejantan, kategori induk, kategori calon induk dan kategori sapi paron.

Yang bertindak sebagai juri dalam kegiatan tersebut adalah Sumadi dan Ahmad Fatoni. Keduanya adalah dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada serta Petrus Kune, dosen Fakultas Peternakan Undana Kupang.

Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Ndara Tanggu Kaha dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Sumba dahulu kala terkenal sebagai masyarakat peternak. Bahkan, ternak adalah hidup masyarakat Sumba. Jumlah ternak sangat menentukan tingkat kehidupan dan status sosial seseorang di tengah masyarakat.

Namun demikian, saat ini populasi ternak di Sumba terutama ternak besar sudah sangat berkurang. Hal ini dilatari oleh banyak faktor. Salah satunya yakni adanya pergeseran pola hidup dari beternak kepada bertani dan berdagang. Selain itu, pandangan akan pentingnya pendidikan mulai bertumbuh dengan bagus dan itu sangat menggembirakan.

“Saat sekarang orang berpikir bahwa untuk apa punya ternak banyak kalau tidak sekolah,” katanya.

Di satu sisi lanjut Ndara, hal ini sangat bagus, namun di sisi lain harus dipertimbangkan kembali. Sebab, ternak memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Permintaan daging secara nasional sangat besar dan meningkat setiap tahun. Sementara itu, stok hewan pedaging secara nasional selalu mengalami kekurangan.

Hal Inilah yang membuat pemerintah mendorong masyarakat untuk meningkatkan budidaya ternak, terutama ternak sapi untuk menjawab kebutuhan daging nasional.

Dirinya berharap agar kegiatan kontes ternak menjadi salah satu ajang untuk memberi motivasi kepada masyarakat peternak agar semakin semangat dalam mengembangkan ternak terutama ternak besar seperti sapi dan kerbau. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan populasi ternak. Sebab, salah satu jalan untuk meningkatkan populasi yakni selain bibit yang unggul dan lain-lain, namun animo masyarakat untuk menjadi peternak adalah kunci utama.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten SBD, Rihimeha A Praing menjelaskan, setiap tahun kebutuhan daging nasional mencapai 3,4 juta ekor. Sementara itu, ternak yang tersedia setiap tahun hanya 2,4 juta ekor. Dengan demikian, defisit daging secara nasional mencapai 1 juta ekor setiap tahun.

Tentu saja ini menjadi peluang besar masyarakat Kabupaten SBD. Karena itu, pemerintah menempuh berbagai cara untuk meningkatkan animo masyarakat untuk peternak sapi dan hasilnya cukup menggembirakan.

“Sejak kita lakukan kontes ternak empat tahun yang lalu, trend populasi ternak sapi di Sumba Barat Daya meningkat 1,5 persen setiap tahunnya. Ini menunjukan bahwa animo masyarakat makin tinggi untuk pelihara sapi,” katanya.

Ia mengatakan, hadiah yang disiapkan panitia cukup besar yakni uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta untuk juara I setiap kategori. Sementara  juara II untuk setiap kategori mendapat uang pembinaan sebesar Rp 6 juta dan juara III untuk setiap kategori  sebesar Rp 4,5 juta.

Dirinya berharap agar dengan kontes ternak sapi, animo masyarakat untuk memelihara ternak sapi semakin tinggi. Dengan demikian, populasi ternak sapi di Kabupaten SBD semakin besar dan dapat menjadi salah satu suplayer untuk menutupi defisit daging nasional yang terjadi setiap tahun. (mg28/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!