TransNusa Buka Rute Penerbangan Kupang-Dili – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

TransNusa Buka Rute Penerbangan Kupang-Dili

TERBANG PERDANA. Rombongan penumpang yang ikut dalam penerbangan perdana maskapai TransNusa rute internasional Kupang-Dili pose bersama di Bandara El Tari Kupang, Jumat (14/6).

Humas PT.AP I Bandara El Tari Kupang

KUPANG, TIMEX – Setelah sukses melayani rute domestik di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan beberapa kota lain di Kalimatan dan Jawa, maskapai TransNusa kembali membuka rute baru. Yang menarik dan sekaligus bersejarah bagi TransNusa, rute baru yang dibuka kali ini yakni rute penerbangan internasional dari Kupang (KOE), Indonesia ke Dili (DIL), Timor Leste.

Penerbangan perdana rute internasional yang melayani penerbangan pulang pergi Kupang (KOE) – Dili (DIL) efektif dimulai Jumat (14/6) kemarin. Sebagai bentuk apresiasi mengingat pembukaan rute baru ini membawa angin segar bagi Industri penerbangan, PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara El-Tari Kupang membuat acara inagurasi saat penerbangan internasional perdana ini.

Dalam acara Inagural Flight tersebut, hadir Owner TransNusa, Leo Budiman, Direktur Utama TransNusa, Risnandi Saepurahman, dan General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara El-Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono

Direktur Utama PT. TransNusa Aviation Mandiri, Risnandi Saepurachman mengatakan, pembukaan rute baru dilakukan setelah melihat prospek yang cukup baik. Sebab ada banyak permintaan akan kebutuhan penerbangan dari Kupang ke Dili.

“Dengan banyaknya permintaan dari pelanggan, maka kami memutuskan untuk melayani rute penerbangan Kupang – Dili pp dan efektif mulai Juni 2019,” ujarnya.

Menurut Saepurachman, pembukaan rute internasional pertama ini merupakan hal yang bersejarah bagi TransNusa. Dan dengan dibukanya rute internasional ini, tentu sangat mendukung pengembangan sektor perekonomian dan pariwisata. Baik di kawasan Kupang, NTT maupun Dili, Timor Leste.

Penerbangan Kupang Dili pp, kata Saepurachman, akan terjadwal di Bandara Internasional El Tari Kupang dengan frekuensi penerbangan dua kali dalam seminggu, yakni setiap hari Senin dan Jumat. Semua rute penerbangan tersebut akan dilayani dengan pesawat ATR 72-600.

Dari Kupang, lanjut Saepurachman, pesawat akan berangkat dari Bandara El-Tari Kupang pada pukul 08.45 waktu Kupang dan tiba di Bandara Nicolau Lobato, Dili pada pukul 10.45 waktu Dili. Sedangkan dari Dili, pesawat berangkat pada pukul 11.15 waktu Dili dan tiba di Kupang pada pukul 11.15 waktu Kupang.

” Dengan dibukanya rute penerbangan internasional ini, diharapkan mobilisasi masyarakat khusus di wilayah Kupang, Indonesia dan Dili, Timor Leste dapat terlayani dengan baik,” sebut Saepurachman.

Sementara General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara El-Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono mengatakan, selaku pengelola bandar udara, pihaknya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada TransNusa Air Service yang telah bersama dengan PT. Angkasa Pura I untuk kembali menguatkan industri penerbangan di saat kondisi industri penerbangan sedang menurun.

Terbukti, pada periode Lebaran 2019, tercatat ada penurunan tren penggunaan pesawat sebagai moda transportasi mudik Lebaran. Kendati demikian, pihaknya akan tetap berusaha mengajak maskapai penerbangan untuk melakukan ekspansi pembukaan rute baru.

“Alhamdulillah pada hari ini, pembukaan rute internasional yang baru dapat terealisasi,” ungkap Barata.

Dalam penerbangan perdana menuju Dili, pesawat jenis ATR 72-600 milik TransNusa yang berkapasitas hingga 78 penumpang, berangkat pukul 8.55 WITA atau 00.54 UTC dari Bandar Udara El-Tari Kupang. Jumlah penumpang yang ikut dalam penerbangan itu berdasarkan manifest sebanyak 22 penumpang. Pesawat berhasil mendarat di Dili pada pukul 1.39 UTC.

Untuk diketahui, rute penerbangan internasional Kupang – Dili pp sempat dilayani oleh maskapai Air Timor milik pemerintah Timor Leste yang dimulai pada 15 Desember 2017. Layanan penerbangan internasional yang menghubungkan dua negara yang sama-sama berada di daratan Pulau Timor itu menyusul adanya penandatanganan kerja sama antara maskapai Air Timor dan PT TransNusa Aviation Mandiri pada Juni 2017.

Sempat beroperasi selama beberapa bulan, pada April 2018 rute penerbangan Kupang-Dili akhirnya diberhentikan. Manajemen maskapai Air Timor beralasan, pemberhentian pelayanan dikarenakan dukungan pasar yang rendah.

“Saat ini penerbangan Kupang – Dili sedang diberhentikan sementara karena kondisi pasar yang sangat rendah,” kata General Manager Air Timor, Andisuari Dewi saat itu. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!