Pengetahuan Aman Bencana Bakal Jadi Mapel Mulok – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Pengetahuan Aman Bencana Bakal Jadi Mapel Mulok

Pengurus Sekretariat SPAB Dikukuhkan

SOE, TIMEX – Salah satu pengetahuan dan keterampilan yang dipandang patut diketahui masyarakat adalah keselamatan bencana. Sebab, bencana merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dan terjadi secara tiba-tiba.

Karena itu, jika masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi fenomena bencana alam, maka yang terjadi adalah terjadinya korban jiwa dan harta dalam jumlah yang sangat banyak.

Karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten TTS berencana menginstruksikan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten TTS untuk memasukkan pengetahuan aman bencana sebagai salah satu mata pelajaran (Mapel) muatan lokal (Mulok).

Kepala Dinas P dan K Kabupaten TTS, Edison Sipa saat pengukuhan pengurus sekretariat satuan pendidikan aman bencana (SPAB) Kabupaten TTS, yang digelar, Selasa (18/6).

Edison menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Plan International wilayah Timor yang telah membangun koordinasi dengan Dinas P dan K serta dinas-dinas terkait dalam rangka pelaksanakan program sekolah/madrasah aman bencana di Kabupaten TTS.

Dikatakan, Kabupaten TTS merupakan salah satu kabupaten rawan bencana, sehingga bimbingan pengetahuan dan juga keterampilan dalam rangka menghadapi bencana perlu dilakukan, sehingga ketika terjadi bencana alam masyarakat telah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menyelamatkan diri.

“Kami juga berterima kasih karena program ini telah mendapat dukungan dari DPRD TTS, sehingga ke depan perencanaan program kegiatan Dinas P dan K serta dinas terkait dapat mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan sekolah aman bencana. Bahkan, DPRD TTS minta agar program sekolah aman bencana tidak hanya dilaksanakan di wilayah-wilayah binaan Plan, tetapi juga dilaksanakan di sekolah-sekolah yang terindikasi rawan bencana,” urai Edison.

Dengan dilakukannya pengukuhan pengurus SPAB Kabupaten TTS, semoga tim sekretariat yang terdiri dari Plan, Dinas P dan K, BPBD, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan dan sejumlah dinas terkait lainnya bersinergi untuk menciptakan program-program bermanfaat dalam mengaplikasikan sekolah/madrasah aman bencana.

“Kita harus tindak lanjuti pengukuhan pengurus SPAB dengan program-program, pengawasan program hingga evaluasi pelaksanaan program,” tegas Edison.

Sementara, Field Sponsorship Manager Plan Internasional Program Implementasi Wilayah Timor, Muhammad Thamrin mengatakan, program sekolah/madrasah aman bencana merupakan program nasional yang telah dilaksanakan kurang tujuh atau delapan tahun lalu, hanya saja di Kabupaten TTS baru direncanakan untuk diaplikasikan tahun 2019. Keterlibatan Plan Internasional dalam implementasi program sifatnya hanya sementara, sehingga diharapkan perencanaan program kegiatan sekolah/madrasah aman bencana dilaksanakan dengan baik, sehingga ketika Plan Internaaional tidak lagi sponsori program kegiatan tersebut, sekretarial SPAB tetap melaksanakan program dan kegiatan secara kontinu.

“Jangan sampai saat Plan tidak lakukan pendampingan lagi, lalu kegiatan ini juga tidak berjalan optimal. Jadi perubahan mindset baik itu oleh pelaku pendidikan dan pelajar serta masyarakat umum, diharapkan mulai terjadi dengan dilaksanakannya program sekolah/madrasah aman bencana,” katanya. (yop/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!