PKB Pakai Mekanisme Uji Kelayakan – Timor Express

Timor Express

POLITIK

PKB Pakai Mekanisme Uji Kelayakan

Penentuan Pimpinan DPRD NTT

KUPANG, TIMEX-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) punya mekanisme tersendiri dalam menentukan pimpinan di DPRD. Selain syarat-syarat umum, PKB akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) di DPP PKB.

Demikian dijelaskan Ketua DWP PKB Provinsi NTT, Yucundianus Lepa kepada Timor Express, Selasa (18/6). Yucun yang juga ketua Fraksi PKB DPRD NTT itu menjelaskan, pihaknya akan membawa beberapa nama ke DPP. Mereka adalah caleg terpilih DPRD NTT yang memenuhi sejumlah syarat umum.

Misalnya pengurus DPW, punya pengalaman. Hal ini juga berlaku untuk penentuan pimpinan di kabupaten/kota. “Fit and proper test itu bukan hanya di NTT. Seluruh Indonesia harus pake uji,” jelas Yucun.

Di tingkat kabupaten, PKB berhasil meraih kursi pimpinan di lima kabupaten, yakni Ngada, Lembata, Flores Timur, Malaka dan Sumba Barat Daya. “Di Ngada kita yang ketua DPRD,” tambahnya.

Meski demikian, Yucun akui, penentuan kursi pimpinan di DPRD NTT tetap mempertimbangkan keseimbangan. Baik terkait keterwakilan daerah, juga keterwakilan gender. Jika PDIP sebagai ketua mengirim perempuan, Golkar, Nasdem dan PKB sebagai wakil pun akan mempertimbangkan keterwakilannya.

“Jadi kami tetap saling menunggu. Seandainya PDIP, Golkar dan Nasdem semuanya perempuan, PKB juga mau kasi yang perempuan. Kan tidak ada masalah,” ujar Yucun sedikit berkelakar.

Hasil pemilihan legislatif menempatkan PDIP sebagai pemenang DPRD NTT. PDIP dan Partai Golkar sama-sama mendapat 10 kursi. Namun karena menang jumlah suara, PDIP berhak atas kursi Ketua DPRD NTT.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!