Pemprov-Pemkot akan Bahas LLDikti – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Pemprov-Pemkot akan Bahas LLDikti

Proses Sertifikat Lahan

KUPANG, TIMEX-Jika sertifikat tanah yang hendak dihibahkan kepada
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Provinsi NTT belum ada, pemerintah bisa mencari lahan lain.

Sebelum mengambil keputusan, Biro Tatapem Setda NTT segera mencari jalan keluar terkait proses penerbitan sertifikat tanah yang akan dihibahkan tersebut. Lahan tersebut terletak di dekat Rumah Sakit Jiwa Naimata Kota Kupang.

Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Tatapem, Jamal Ahmad kepada Timor Express, Kamis (20/6). “Memang ada kebuntuan karena ada riak-riak di bawah. Ini harus dibuka,” kata Jamal yang juga Asisten I Sekda NTT itu.

Jamal katakan, setelah mendapatkan penjelasan lengkap dari bagian kesra yang membidangi masalah tersebut, dia berjanji akan mempercepat proses tersebut. Dia akui selama ini proses operasional LLDikti NTT tersendat karena belum ada sertifikat tanah sebagai salah satu syarat.

Langkah yang akan diambil, lanjut dia adalah menghadirkan para pihak. Duduk bersama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mulai dari Lurah Naimata, Camat Maulafa dan Bagian Pemerintahan Setda Kota Kupang dan juga badan pertanahan. “Semua duduk bersama supaya kita bisa tahu, di mana masalahnya. Yang tersumbat itu. Kenapa Lurah tidak mau tanda tangan. Supaya kalau memang tidak bisa, kita cari lahan lain. Yang penting cepat supaya LLDikti bisa beroperasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) Provinsi NTT, Zet Sony Libing kepada koran ini menjelaskan, lahan yang hendak dihibahkan kepada LLDikti itu masih merupakan bagian dari lahan RS Jiwa di Naimata. Bahkan sudah ada sertifikat indiknya. Namun saat hendak dilakukan pemisahan sertifikat, ada protes dari masyarakat sekitar, sehingga Lurah Naimata belum mau menandatangani surat untuk proses selanjutnya ke Badan Pertanahan.

Padahal, sertifikat tanah tersebut merupakan salah satu dari tiga syarat yang diwajibkan Ditjen Dikti. Dua syarat lain yang sudah dipenuhi pemprov NTT, yakni ruang kantor sementara dan sumber daya manusia atau personalia.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!