Perang Bintang Premier League – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Perang Bintang Premier League

MOHAMD SALAH. Bakal memimpin Mesir bersaing di ajang Piala Africa tahun ini, dimana Mesir menjadi tuan rumah.

Khaled DESOUKI / AFP

KAIRO,TIMEX – Piala Afrika tahun ini bisa disebut sebagai wujud mini Premier League. Bagaimana tidak. Setidaknya ada bintang yang tersebar di lima negara yang pernah atau masih aktif berkarir di Premier League. Mereka adalah Mohamed Salah (Mesir), Sadio Mane (Senegal), Naby Keita (Guinea), Riyad Mahrez (Algeria), John Obi Mikel (Nigeria), dan Wahbi Khazri (Tunisia).

Tapi, sorotan utama tentu ada di empat nama awal. Ya, keempat pemain itu merupakan personel dari Liverpool dan Manchester City yang bersaing ketat untuk kampiun Premier League dalam dua musim terakhir yang selalu dimenangi City. Hanya, Liverpool lebih berjaya di Eropa dengan selalu masuk final Liga Champions dan jadi juara musim lalu. Bahkan, head to head antara Liverpool dan City langsung tersaji di fase grup. Yakni Mane kontra Mahrez yang tergabung dalam grup B.

Bisa dibilang, Piala Afrika kali ini jadi sarana The Reds balas dendam kepada City. Sebab, The Citizens hanya diwakili Mahrez. Apalagi, event tahun ini dihelat di Mesir yang merupakan negara asal superstar Liverpool Salah. The Pharaohs-julukan Mesir-juga jadi tim tersukses di Piala Afrika dengan tujuh gelar.

“Salah merupakan salah satu dari tiga pemain terbaik dunia saat ini. Tentu itu jadi hal positif yang bisa membantu kami dalam upaya mengejar juara (di rumah sendiri, Red),” ucap kapten Mesir Ahmed Elmohamady seperti dilansir BBC.

Pernyataan bek Aston Villa itu merujuk kepada performa stabil Salah dalam dua musim terakhir. Salah satunya, dalam dua musim beruntun eks winger AS Roma dan Chelsea itu jadi top scorer Premier League.

Untuk level internasional, pemain 27 tahun itu juga sukses membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 meski hanya bertahan di fase grup. Itu adalah Piala Dunia pertama Mesir sejak 1990.

Namun, pelatih Mesir Javier Aguirre mengatakan bahwa timnya bukan hanya Salah. Meski, harus diakui bahwa salah satu magnet terbesar Piala Afrika kali ini adalah Salah.

Lebih jauh, Senegal juga bukan hanya Mane. Mereka punya bek Napoli Kalidou Koulibaly yang diklaim sebagai center back terbaik dunia saat ini. Di lini depan, Mane juga bakal disokong partner yang kenyang pengalaman di Eropa. Yakni Keita Balde (Inter Milan) dan Mbaye Niang (Stade Rennais).

Jangan lupakan pula winger lincah Hakim Ziyech yang memperkuat Maroko yang didukung bek potensial Real Madrid yang sedang dipinjam Borussia Dortmund Achraf Hakimi.

Tapi, persaingan bukan sekadar mereka terkait yang punya sejarah di Premier League. Juara bertahan Kamerun meski tidak memiliki personel bintang yang berkarir di Premier League juga punya kans mengejutkan seperti edisi 2017. Saat ini, mereka diperkuat kiper Ajax Amsterdam Andre Onana.

Apalagi, mereka kini juga dilatih Clarence Seedorf dengan rekan kompatriotnya Patrick Kluivert yang jadi asisten. Ini kali pertama Seedorf jadi pelatih negara setelah mengawali karir kepelatihan bersama klub AC Milan pada 2014.

”Kami dalam kondisi puncak (menghadapi Piala Afrika 2019, Red). Kami punya potensi dan bakat yang sangat fantastis dan sangat menyenangkan berkesempatan melatih salah satu negara Afrika,” ucap Seedorf seperti dilansir situs resmi FIFA. (io/jpg/rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!