Terbitkan Perda Disabilitas, 107 Orang Terima Alat Bantu – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Terbitkan Perda Disabilitas, 107 Orang Terima Alat Bantu

PENYERAHAN. Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menyerahkan alat bantu bagi penyandang disabilitas di Balai Kota Kupang, Kamis (20/6).

FENTI ANIN/TIMEX

Pemkot Kupang Peduli Penyandang Disabilitas

Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan alat bantu bagi 107 orang penyandang disabilitas di Kota Kupang.

FENTI ANIN, Kupang

PENYERAHAN bantuan ini dilakukan Pemkot Kupang di lantai 1 Balai Kota Kupang, Kamis (20/6).

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menyerahkan bantuan ini secara langsung, didampingi, Kepala Dinas Sosial drg. Retnowati,  Asisten II Elly Wairata, Asisten III Thomas Jansen Ga, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Orson Nawa, Direktris RSUD S.K. Lerik, dan sejumlah pejabat lainnya.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis yang menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Kupang punya perhatian khusus terhadap penyandang disabilitas di Kota kupang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Kota Kupang.

Wali Kota meminta agar kebutuhan para penyandang disabilitas dapat terpenuhi dengan baik. Salah satu upaya yang sementara dilakukan adalah dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Wali Kota menjelaskan, ada banyak yang belum dipenuhi oleh pemerintah Kota Kupang, terutama untuk membantu penyandang disabilitas.

Upaya memang terus dilakukan, namun harus diikuti dengan payung hukum yang pasti. Misalnya Perda pemenuhan hak disabilitas.

“Tujuan pemerintah berupaya menerbitkan Perda tentang disabilitas adalah agar bisa memenuhi semua kebutuhan disabilitas. Misalnya akses ke berbagai tempat publik, sekolah,  puskesmas, rumah sakit, bank, dan akses lainnya,” ujarnya.

Jefri juga meminta kepada pihak-pihak terkait, stakeholder lain agar turut membantu pemerintah dalam upaya membantu penyandang disabilitas, karena mereka merupakan bagian dari Kota Kupang.

“Saya mau agar ke depan, alokasi anggaran bantuan bagi penyandang disabilitas ini bisa ditingkatkan. Kita akan usulkan nanti dan membahasnya bersama dengan teman-teman di DPRD,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan,  maksud dan tujuan dari kegiatan sosial ini adalah untuk memberikan bantuan berupa alat bantu mobilitas bagi penyandang disabilitas sesuai dengan jenis kebutuhannya.

Selain itu, lanjut Retnowati, bantuan ini juga untuk meningkatkan sarana aksesibilitas bagi penyandang disabilitas fisik melalui pemberian alat bantu berupa, kursi roda dewasa, kursi rosa anak, kursi roda multi guna, kruk ketiak, tongkat cakar, alat bantu dengar dan tongkat netra.

“Hal ini merupakan bukti nyata dari upaya Pemerintah Kota Kupang dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak bagi para penyandang disabilitas yang mutlak diperlukan serta dijamin oleh negara melalui peraturan perundang-undangan yang sudah ada,” jelas Retnowati.

Bantuan alat bantu kepada penyandang disabilitas terdiri atas kursi roda biasa/dewasa sebanyak 27 unit, 5 unit kursi roda anak, 5 unit kursi roda multiguna, 50 unit alat bantu dengar, 10 unit tongkat kaki empat (cakar), 5 unit kruk ketiak dan 5 unit tongkat netra. (*/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!