Rajut Persaudaraan dan Persatuan – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Rajut Persaudaraan dan Persatuan

SAMBUTAN. Tampak Kakanwil Kemenag NTT, Sarman Marselinus, tengah memberikan sambutan dalam acara halal bi halal, bertempat di Kanwil Kemenag NTT, Jumat (21/6).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Halal Bi Halal Keluarga Besar Kemenag NTT

KAYU PUTIH, TIMEX – Dalam rangka hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Majelis Taklim Immadul Bilad dan Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama NTT menyelenggarakan acara halal bi halal bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) NTT, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Jumat (21/6).

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kanwil Kemenag NTT, Sarman Marselinus, dalam sambutannya mengapresiasi Majelis Taklim Immadul Bilad dan Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag NTT yang telah menyelenggarakan acara halal bi halal. “Nuansa kebersamaan dan persaudaraan ini kita terus jaga sampai selama-lamanya,” ujar Kakanwil Kemenag NTT disambut gemuruh tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Orang nomor satu di Kakanwil Kemenag NTT mengajak untuk mempertahankan tradisi pelaksanaan acara halal bi halal sebagai sesuatu yang luhur dan mulia. Momentum halal bi halal menjadi wadah untuk saling maaf-memaafkan antar sesama. Suasana kebersamaan dan persaudaraan ini melahirkan keharmonisan antar umat beragama. Ia juga mengajak untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan Pesparani yang kedua di NTT. “Kita terus berupaya agar suasana tetap terjaga dengan baik dalam perayaan yang agung Umat Katolik dapat terlaksana dengan baik dan mulia di Kota Kupang,” ungkap Sarman.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag NTT, Ny. Xaveria Ghunu Sarman, mengatakan jaga kebersamaan yang diserukan dalam rangka HUT Kemenag pada tanggal 3 Januari lalu, Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag NTT mulai mengagendakan kegiatan-kegiatan positif sebagai wujud mengimplementasikan pesan yang amat indah ini.

Oleh sebab itu, lanjut dia, terdapat beberapa kegiatan lomba yang dirancang yakni lomba menyanyi. Adapula lomba menari.

Termasuk acara halal bi halal bertajuk merajut persaudaraan, meraih persatuan. “Saya jadi teringat pidato Bung Karno pada tanggal 20 Mei 1963 di alun-alun Kota Bandung, menegaskan persatuan dan kesatuan merupakan suatu cara agar bangsa Indonesia terlepas dari penghinaan serta penindasan oleh bangsa lain,” ungkapnya.

Pelaksanaan halal bi halal ini, lanjutnya, menjadi kesempatan untuk memperkokoh persaudaraan dan kebersamaan antar sesama. Dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi pesan HUT Kemenag tahun ini yakni ” Jaga Kebersamaan Umat”.

Ketua Panitia, Mutmainnah, mengatakan bahwa bertekad kegiatan-kegiatan keagamaan yang bernuansa kebersamaan, keragaman dan keagamaan yang mengarah pada perspektif solusi kebersamaan terus digalakkan. Tentunya sepanjang mendapatkan dukungan, terkhusus Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag NTT yang kaya ide dan prakarsa serta restu dari Kakanwil Kemenag NTT.

Terpantau, hikmah halal bi halal berjalan dengan penuh nuansa persaudaraan tersebut diisi juga dengan hikmah halal bi halal oleh keempat tausyiah yang merupakan pejabat Kanwil Kemenag NTT. Diantaranya, Kabid Pendidikan Islam, H. Pua Monto Nay. Kabid Haji dan Bimas Islam, H. Husen Anwar. Pembimbing Syariah, H. Mohammad Moa dan Kabag Tata Usaha, H. Hasan Manuk. Selain itu ada penampilan dari group shalawat, marawis dan qasidah Majelis Taklim Roudhatul Mutaalimah serta Majelis Taklim Immadul Bilad. Selain itu ada juga vocal group dari DWP Kristen, DWP Katolik, WKRI NTT, Pemuda Kristen. Persembahan tarian dari Umat Hindu,ASN Lingkup Kanwil Kemenag NTT. Selain itu ada penyerahan bantuan dana kepada Madrasah Tsanawiyah di Kota Kupang, Kabupaten Alor dan Kabupaten Sumba Tengah. (mg22/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!