ASDP Buka Kembali Pelayaran Lintasan Kupang-Rote – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

ASDP Buka Kembali Pelayaran Lintasan Kupang-Rote

BERLABUH. Tiga kapal feri saat berlabuh di Pelabuhan Bolok Kupang.

TOMMY AQUINODA/TIMEX

* Sempat Ditutup Akibat Cuaca
* Lintasan Kupang-Sabu Juga Dibuka

KUPANG, TIMEX – Senin (24/6) kemarin, PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang menutup pelayanan untuk dua lintasan pelayaran. Yakni, Kupang – Rote dan Kupang – Sabu. Dua lintasan ini ditutup karena kondisi cuaca yang buruk (angin kencang disertai gelombang tinggi).

General Manager (GM) ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim, mengatakan, pelayanan dua lintasan ini ditutup karena ada imbauan dan peringatan dari otoritas terkait. Sebab kondisi cuaca tidak bersahabat.

“Hari ini (kemarin, red) lintasan Kupang-Rote dan Kupang-Sabu tidak dilayani karena cuaca buruk,” sebut Burhan.

Menurut Burhan, keselamatan pengguna jasa sangat diprioritaskan oleh ASDP. Untuk itu, pihaknya tidak akan memaksakan kapal untuk berlayar apabila sudah ada peringatan dari otoritas terkait. Dalam hal ini BMKG dan Syahbandar.

“Masyarakat khususnya pengguna jasa ASDP pasti paham dengan kondisi semacam ini, karena memang ini demi keselamatan mereka juga,” katanya.

Burhan menyebutkan, dua lintasan pelayaran ini akan dibuka atau dilayani kembali pada Selasa (25/6) hari ini. Kendati demikian, pihaknya akan tetap memantau kondisi cuaca. Jika kondisi kembali tidak bersahabat, pengguna jasa akan diinformasikan lebih lanjut.

“Besok (hari ini, red) sudah dibuka lagi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam beberapa bulan terakhir pelayanan ASDP sering diberlakukan sistem buka tutup akibat cuaca yang kurang bersahabat. Menurut BMKG, potensi angin kencang di NTT akan berlangsung hingga bulan Agustus mendatang.

Duty Forecaster BMKG NTT, Nanik Tresnawati mengatakan, potensi angin kencang masih terjadi karena tekanan udara saat musim kemarau. Hal ini disebabkan posisi matahari sekarang berada di utara khatulistiwa maka tekanan udara di utara (Asia) akan lebih rendah dibandingkan tekanan udara di selatan khatulistiwa (Australia). (jpg/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!