Popda Bukan Sekedar Even Rutin Tahunan – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Popda Bukan Sekedar Even Rutin Tahunan

BUKA POPDA. Susana pembukaan Popda IV NTT 2019 ndi GOR Flobamora Oepoi Kupang, yang dibuka langusng oleh Wagub NTT, Yosep Nae Soi, Senin kemarin.

RUDY MANDALLING/TIMEX

899 Atlet Bersaing di Popda IV NTT 2019

KUPANG,TIMEX – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IV NTT 2019, harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga di NTT yang dilaksanakan secara konsisten, dan buka hanya dijadikan sebagai even rutin tahunan semata.

Wagub NTT, Yosep Nae Soi mengungkapkan hal tersebut dalam sambutannya ketika membuka secara resmi POPDA IV NTT 2019 di GOR Flobamora Oepoi Kupang, Senin kemarin (24/6).

“Melalui Popda ini, kita berharap akan terjaring bibit -bibit atlet potensial dan berbakat, yang akan dibina lebih lanjut sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional bahkan Internasional,” kata Wagub Nae Soi.

Penyelenggaraan Popda menurutnya menjadi kewajiban pemerintah daerah sebagaimana termuat dalam UU 3/2015 Sistem keolahragaan Nasional yang hendaknya diselenggarakan dengan tetap memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinisp penyelenggaraan keolahragaan itu sendiri yakni tersosialisasikannya olahraga, terjaringnya bibit atlet potensial, meningkatnya kesehatan dan kebugaran, meningkatnya prestasi olahraga, terpeliharanya kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatnya ketahanan nasional.

“Disamping itu pula keselamatan dan keamanan selama pertandingan hendaknya mendapat perhatian dan penanganan yang memadai,” ingatnya.

“Saya berpesan dalam berolahraga, sportifitas harus tinggi, pupuk rasa sportifitas yang tinggi,” imbuhnya.

Masih menurut Wagub, Popda IV ini merupakan proses kaderisasi atlet dan upaya untuk membangkitkan olahraga di bumi Flobamorata. “Kita sedang melakukannya sebagai upaya keikutsertaan atlet NTT dalam berbagai level kejuaraan, baik regional, nasional maupun internasional yang menghasilkan prestasi yang cukup membanggakan,” ungkapnya.

Beberapa olahraga sudah menyebar diseluruh NTT, bahkan hingga sampai ketingkat kecamatan. Dan ini pertanda bahwa masyarakat NTT telah membuktikan niat untuk mengangkat harkat dan martabat NTT di mata Indonesia dan dunia melalui olahraga
“Semua prestasi yang diukur merupakan proses hasil belajar dan latihan yang tidak kenal menyerah, serta bentuk perhatian serius dari pengurus cabang olahraga yang selalu bersinergi dengan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” jelasnya.

Kepada para atlet, wagub berpesan agar tetap berpegang teguh pada prinsip fair play, execelen, friendship dan respec.

“Kabupaten/kota juga minimal harus memiliki dan membina satu cabang olahraga unggulan dan berpresitasi, dan konsep ini diharapkan mampu diimplementasikan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan sehingga pesta olahraga NTT menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Flobamorata,” pungkat Wagub.

Untuk diketahui Popda IV tahun ini diikuti oleh 899 atlet dari 21 Kabupaten/Kota se-NTT, minus Kabupaten Manggarai Timur.
para atlet tersebut akan turun berlomba pada olima cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni cabang Olahraga kempo, Tinju, taekwondo, Pencak Silat Karate dan Tarung Derajat.(rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!