Usai Dilantik, Warga Tolak Penjabat Kades Lakamola – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Usai Dilantik, Warga Tolak Penjabat Kades Lakamola

AKSI. Warga Desa Lokamola Kecamatan Rote Timur menolak penjabat kepala desa, Renward Lolu, Rabu (19/6) lalu.

ISAK TOTU/TIMEX

BA’A, TIMEX – Renward Lolu diangkat sumpah dan dilantik sebagai Penjabat Kepala Desa Lokamola Kecamatan Rote Timur, Rabu (19/6). Usai dilantik, sekira satu jam kemudian, warga Desa Lakomala berkumpul di kantor Desa Lakamola dan menandatangani pernyataan penolakan dan mendesak BPD segera menyampaikan hal tersebut kepada Camat Rote Timur dan Bupati Rote Ndao.

Salah seorang warga Desa Lakamola, Osias Ngili ketika dikonfirmasi wartawan di kantor desa di Dusun Oesuku, Rabu (19/6) lalu mengatakan, pelantikan Renward Lolu sebagai Penjabat Kepala Desa Lakamola bertentangan dengan Undang-undang Desa.

“Sesuai undang-undang dan edaran Mendagri, bupati memiliki kewenangan untuk menunjuk seorang aparatur sipil negara (ASN) sebagai penjabat kepala desa. Namun, Renward Lolu bukan seorang ASN dan tidak berdomisili di Desa Lakamola,” kata Osias.

Menurutnya, masyarakat Desa Lakamola masih mengharapkan penjabat sebelumnya, Anderias Lofa, karena dia seorang ASN.

“Masyarakat masih simpati kades lama. Karena dia seorang ASN dan aturannya memang harus ASN dan masa jabatan belum habis. Kalau mau tokoh masyarakat di Lakamola ada banyak figur yang mampu dan masyarakat siap demo jika tuntutan ini tidak ditanggapi,” tegasnya.

Rebeka Lote, Ketua RT 14 kepada wartawan mengatakan, semua aparat desa tetap mengharapkan penjabat kades lama, Anderias Lofa. Pasalnya, penjabat kades yang baru berdomisili di tempat yang jauh.

“Semua aparat desa masih harapkan penjabat kades lama. Jika pernyataan ini tidak ditanggapi, maka semua aparat desa tidak bekerja dan biarkan penjabat kades berjalan sendiri,” tegasnya.

Gerson Lenggu, anggota BPD ketika ditemui wartawan di kantor Desa Lakamola mengatakan, masyarakat mendesak BPD menyampaikan hal tersebut ke Camat Rote Timur dan Bupati Rote Ndao bahwa mereka menolak Renward Lolu sebagai penjabat yang baru dilantik dan tetap mengharapkan Anderias Lofa sebagai penjabat lama untuk memimpin Desa Lakamola.

“Masyarakat Lakamola desak kami BPD untuk segera sampaikan ke camat dan bupati bahwa mereka menolak penjabat yang baru dilantik karena masih simpati penjabat yang lama memimpin dan sekarang masyarakat lagi tanda tangan pernyataan penolakan. Kami BPD segera sampaikan ke bupati supaya dibatalkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Lakamola, Renward Lolu ketika dikonfirmasi wartawan via telepon mengakui kalau dirinya sudah dilantik oleh Camat Rote Timur atas nama Bupati Rote Ndao di aula kantor Kecamatan Rote Timur, Rabu (19/6).

Menurut Renward, dirinya belum mengetahui adanya pernyataan penolakan masyarakat Desa Lakamola. Ia mengaku, dalam momen pelantikan tidak dihadiri aparat desa, BPD dan masyarakat.

“Saya belum tahu. Mau tolak silakan saja, itu hak masyarakat. Saya tetap bersyukur karena ini juga kepercayaan dan belum tentu semua masyarakat Desa Lakamola suka. Tadi pelantikan aparat desa, BPD dan masyarakat Desa Lakamola tidak hadir,” ungkapnya. (mg23/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!