SMK-PP Negeri Kupang Lepas 87 Siswa PKL ke Bali, Jatim dan NTT – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMK-PP Negeri Kupang Lepas 87 Siswa PKL ke Bali, Jatim dan NTT

OELAMASI-Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Kupang memberangkatkan sebanyak 87 siswa-siswinya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Provinsi Jawa Timur, Bali dan NTT. Acara pelepasan yang berlangsung Senin (1/7/2019), pukul 08.00 Wita,  di Aula Nicholas Bait lembaga tersebut dipimpin Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP. Hadir dalam pelepasan itu Ketua Panitia PKL, Pedro Dos Santos Martins, S.ST yang juga adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Ridvel Sembong, S.Pt selaku Wakasek Kesiswaan dan Sitti Kamal, S.Pt., M.Si selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha SMK-PP Negeri Kupang.

Sejumlah 87 siswa disebar ketiga provinsi, yakni Provinsi NTT, Jawa Timur dan Bali. Sejumlah 26 orang melaksanakan PKL di Provinsi NTT, 10 orang di Provinsi Bali, dan 51 orang di Provinsi Jawa Timur.

Di Provinsi NTT, ke-26 siswa-siswi peserta PKL tersebut disebar ke lima lokasi, yakni Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebanyak delapan orang siswa, P4S Tungbers Manikin (2 orang), UPTD Veteriner Oesapa (6 orang), Fakultas Kesehatan Hewan, Universitas Nusa Cendana (4 orang), dan Dinas Peternakan Provinsi NTT (6 orang).

Di Provinsi Bali, 5 orang akan PKL di Klinik Dr. Dharma Denpasar Bali dan 5 lainnya di Peternakan Babi Bangli.

Sementara di Jawa Timur, terbagi ke dalam 5 lokasi, yakni Intan Abatani di Mojokerto (21 orang), Polbangtan Malang (8 orang), BBIB Singosari (7 orang), UPT Pembibitan Ternak Singosari (12 orang), dan Loka Penelitian Sapi Potong (3 orang).

Setelah pelepasan, siswa yang PKL di Provinsi NTT langsung diberangkatkan. Khusus untuk PKL di Provinsi Bali dan Jawa Timur akan diberangkatkan pada 4 Juli 2019.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP secara khusus menyampaikan pesan kepada 87 siswa-siswi yang melakukan PKL untuk memanfaatkan kesempatan tersebut guna mengembangkan potensi diri. “Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan beretikalah yang baik. Sebab kalian membawa nama SMK-PP Negeri Kupang di luar sana,” pesan Stepanus Bulu.

Dikatakan, output yang harus dikerjakan para siswa dalam PKL ini adalah laporan PKL. Pada laporan PKL itu, demikian Stepanus dijabarkan catatan atau jurnal proses dan hasil belajar di tempat PKL. “Laporan PKL ini nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Guru Penguji. Hasilnya merupakan nilai PKL.Selain proses pembelajaran, karakter siswa saat melaksanakan PKL juga dinilai oleh Pembimbing Eksternal,” ungkap Stepanus.

Stepanus menambahkan, adapun kriteria yang dinilai antara lain kerja pengalaman, integrasi dan partisipasi dengan masyarakat serta sikap. “Sikap yang dimaksud adalah penilaian disiplin, kerjasama, prakarsa, tanggungjawab dan sopan santun,” pungkasnya.

Ketua Panitia PKL, Pedro Dos Santos Martins menambahkan, kegiatan PKL ini merupakan agenda wajib dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga siswa diharapkan dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan proses KBM itu sesuai dengan lokasi praktik yang telah dipilih. (*/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!