Kelola Uang Komite Harus Transparan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Kelola Uang Komite Harus Transparan

KUPANG, TIMEX – Menindaklanjuti pungutan komite di sekolah, baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menegah Atas pasca tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT mengimbau pihak sekolah untuk mengelola keuangan yang dipunggut secara transparan agar tidak menimbulakan persoalan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Aloysius Min mengatakan pungutan dari komite memang dibenarkan oleh Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). Namun besaran sumbangan yang ingin dipungut itu harus benar-benar dibahas di dalam rapat.

“Jumlah dan besaran sumbangan juga perlu disepakati bersama orangtua siswa. Sehingga, orangtua siswa tidak merasa itu beban,” kata Aloysius Min di ruang kerjanya, Selasa (9/7).

Dikatakan, dalam rapat tersebut, pihak sekolah harus transparan dan menjelaskan tentang pungutan tersebut. Setelah ada kesepakatan maka dana itu harus direalisasikan di sekolah.

“Dengan realisasi dari dana tersebut melalui komite seperti pembiayaan gaji tenaga honor komite dan kegiatan lainnya, itu bentuk pertanggungjawaban keuangan dari sekolah agar tidak ada masalah yang timbul dari orangtua,” ujarnya.

Lanjutnya, pungutan tersebut perlu memperhatikan besaran serta item pembiayaan dari pungutan tersebut, agar tidak terjadi tumpang tindih dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS) maka perlu diaudit.

“Kalau tidak diaudit maka pihak sekolah mesti transparan dengan pengelolaan dana tersebut. Jangan sampai tidak transparan serta tidak mempertanggungjawabkan dana itu maka itu yang disebut pungutan liar,” jelasnya.

Selain itu pihaknya terus mendorong agar pihak komite sekolah juga harus transparan melalui rapat bersama orangtua. Jangan hanya komite dan pihak sekolah yang adakan rapat atau rapat dengan orangtua namun pihak sekolah langsung mematok. Harus ada persetujuan dari orangtua siswa.

“Kita sudah mengimbau kepada semua sekolah untuk transparan menggunakan anggaran dari publik. Karena yang kita inginkan anggaran itu benar-benar bermanfaat dan bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” paparnya.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!