Ciptakan Lingkungan Sekolah Bebas Narkoba, BNN Sosialisasi P4GN di SMK-PP Negeri Kupang – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Ciptakan Lingkungan Sekolah Bebas Narkoba, BNN Sosialisasi P4GN di SMK-PP Negeri Kupang

SERIUS. Para pegawai dilingkungan SMK-PP Negeri Kupang serius menyimak paparan Kepala BNN Provinsi NTT, Brigjen Pol Teguh Imam Wahyudi pada kegiatan sosialisasi P4GN di Aula Nicholas Bait, SMK-PP Negeri Kupang, Jumat (12/7/2019) lalu. (Foto: Dok. SMK-PP Negeri Kupang)

OELAMASI-Guna menciptakan lingkungan sekolah yang terbebas dari peredaran gelap narkotika, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN) di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang. Sosialisasi yang berlangsung di Aula Nicholas Bait SMK-PP Negeri Kupang, Jumat (12/7) itu, dihadiri langsung Kepala BNN Provinsi NTT, Brigjen Pol Teguh Imam Wahyudi, SH.MM itu diikuti para guru dan pegawai dilingkungan sekolah tersebut.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP dalam kesempatan sosialisasi itu menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Kepala BNN NTT yang sudah hadir langsung memberikan sosialisasi pentingnya P4GN kepada jajarannya. “Semoga Tim BNN Provinsi NTT dapat datang kembali ke kampus SMK-PP Negeri Kupang untuk memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi kami,” pesan Stepanus.

Menurut Ir. Stepanus, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka menjamin lingkungan kampus/sekolah yang bebas narkoba serta meningkatkan kesadaran para pegawai SMK-PP Negeri Kupang tentang bahaya narkoba. “Hal ini juga sesuai dengan arahan Kementerian Pertanian bahwa tiap UPT harus bersih dari narkoba sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik,” jelas Stepanus.

Dikatakan, guna mendukung peran BNN lewat program P4GN, SMK-PP Negeri Kupang sebagai salah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementerian Pertanian RI akan membentuk satuan tugas (Satgas) atau pegiat anti narkoba. “Untuk mendukung pencegahan pengedaran narkoba, SMK-PP akan membentuk regulasi internal tentang P4GN, menyebarluaskan informasi tentang P4GN, dan melakukan deteksi dini penyalahgunaan narkoba,” tandas Stepanus.

Sementara itu, Brigjen Pol Teguh Imam Wahyudi dalam paparannya menjelaskan bagaimana proses peredaran narkoba saat ini.

Jenderal polisi bintang satu ini menjelaskan, dahulunya narkoba diedarkan dengan menyasar keluarga broken home atau para remaja. Namun, lanjutnya, saat ini pengedaran narkoba telah menyasar seluruh lapisan masyarakat. “Jika menonton televisi, maka Anda akan banyak meliihat berita tentang pejabat bahkan selebriti yang tertangkap menggunakan narkoba,” ungkap Brigjen Teguh.

Tak cuma itu. Dalam paparannya Brigjen Teguh juga menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba, dampaknya pada kesehatan jasmani dan rohani serta pengaruhnya dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan modus yang kerap dilakukan untuk mengedarkan narkoba di masyarakat.

Kegiatan BNN NTT di SMK-PP Negeri Kupang tak sebatas melakukan sosialisasi namun langsung melakukan tes narkoba melalui tes urine terhadap para pegawai yang hadir pada acara tersebut.

Turut disampaikan juga bahwa, jika ada pihak yang ingin menggelar sosialisasi tentang P4GN ini silakan mengundang tim BNN Provinsi NTT dengan menghubungi Hendrik J. R (HP 081338357343) atau melalui Call Center BNN Provinsi NTT di nomor 081138116265. (kp/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!