302 Mahasiswa UKAW Siap PKL Perdana – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

302 Mahasiswa UKAW Siap PKL Perdana

POSE BERSAMA.Asisten III Sekda NTT, Cosmas Lana pose bersama pemateri dan dosen fakultas ekonomi UKAW Kupang usai pembukaan kegiatan pembekalan PKL mahasiswa di Gereja Betel Oesapa Tengah, Selasa (16/7)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Dapat Pembekalan dari Dunia Usaha

KUPANG, TIMEX-Sebanyak 320 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, mendapat pembekalan Praktek Pembekalan Lapangan (PKL) di Gereja Betel Oesapa Tengah, Selasa (16/7).

Pembekalan tersebut tidak hanya melibatkan para dosen, namun juga para pelaku usaha karena kegiatan PKL tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Fakultas Ekonomi.

Dekan Fakultas Ekonomi UKAW, Jusuf Aboladaka menjelaskan, tujuan PKL adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional, disiplin, kreatif dan jujur untuk meningkatkan etos kerja.

Ditambahkan untuk mencapai tujuan tersebut, disamping materi perkuliahan yang didapat pada bangku kuliah, perlu pembekalan kepada mahasiswa sebelum diterjunkan ke lokasi PKL.

Diharapkan melalui pembekalan ini, para mahasiswa mampu menjaga marwah universitas di lokasi praktek karena mahasiswa menjadi cerminan UKAW di mata masyarakat. “Mahasiswa harus mengikuti kegiatan ini dengan serius agar tidak membauat hal-hal yang tidak diingan di lokasi PKL. Jaga nama baik lembaga dan universitas,” pesannya.

Ketua Panitia PKL Fakultas Ekonomi, Yuningsi Cristiani mengatakan, mahasiswa akan melakukan PKL pada instansi pemerintahan, mulai dari tingkat Provinsi NTT, Kota Kupang dan kabupaten serta pihak swasta.

Untuk kabupaten, hanya Kabupaten Kupang dan presentasenya hanya 30 persen. Sedangkan 30 persen ditempatkan di provinsi dan Kota Kupang. “Paling banyak diminta itu dari pihak desa, karena mereka ingin mebantu mengelola Bumdes dan menata keuangan mereka,” ungkapnya.

Fokus mahasiswa dalam PKL perdana ini pada proses pengelolaan keuangan. Sehingga selain instansi pemerintahan, mahasiswa diterjunkan ke pihak swasta dan gereja.

“Kalau di kota dan provinsi, mereka akan melakukan praktek paling banyak di dinas dan gereja. Jadi dari persoalan-persoalan yang ditemukan di lapangan, mereka bisa memilih dan menentukan judul skripsi mereka,” katanya.

302 mahasiswa ini terdiri dari prodi manajemen dan administrasi yang saat ini semester VI. Semua mahasiswa diwajibkan untuk ikut karena sesuai dengan kurikulum KKNI.

“PKL ini merupakan salah satu mata kuliah wajib atau prasyarat untuk KKN, penulisan Skirpsi. Sebelumnya tidak ada PKL, namun disesuaikan dengan kurikulum KKNI maka mahasiswa harus PKL,” imbuhnya.

Pemateri pada kegiatan tersebut berasal dari unsur pemerintah, yang diwakil Asisten III Sekda Provinsi NTT, Cosmas Lana sementara dari Dunia Usaha dan Perbankan diwakili Kepala Devisi Kredit Bank NTT, Reinald Djo serta tentang pengenalan dunia kerja di pemerintahan dan perbankan. Sedangkan materi kedua tentang etika penampilan dan pergaulan dibawakan langsung oleh Dosen Fakultas Ekonomi UKAW, Alya Elita Sjioen.

Dari total 302 mahasiswa, terdapat 147 orang dari Prodi Ekonomi Manajemen dan prodi Ekonomi Akuntansi sebayak 155 orang. Pembekalan akan dilanjutkan Rabu (17/7) dengan materi yang dibawakan langsung oleh para dosen fakultas ekonomi yang akan membahas tentang masalah internal kampus serta persiapan pendistribusian ke lokasi PKL.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!