DPRD Evaluasi Kinerja OPD – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

DPRD Evaluasi Kinerja OPD

EVALUASI. Komisi II DPRD TTS saat melakukan rapat evaluasi kinerja bersama mitra kerja Bapenda, Selasa (16/7).

YOPI TAPENU/TIMEX

Minta Berikan Reward dan Punishment

SOE, TIMEX – DPRS TTS bersama mitra kerja melakukan evaluasi capaian kerja OPD. Agenda dilakukan sejak, 12-31 Juli mendatang.

Pada tahap itu dinilai sangat penting karena dapat mengetahui capaian kinerja pemanfaatan APBD tahun 2019 senilai Rp 1,5 miliar oleh OPD.

Wakil Ketua DPRD TTS, Imanuel Olin kepada wartawan, Selasa (16/7) menjelaskan, selain mengetahui capaian kinerja OPD, juga sebagai indikator pengalokasian anggaran induk 2020 kepada OPD.

Komisi dan mitra hanya melakukan sinkronisasi antara laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK dengan laporan capaian kinerja OPD, apakah sinkron atau tidak. Jika tidak sinkron, maka akan dilakukan penelusuran bersama oleh komisi dan OPD terkait.

“Di tahapan itu kita mendorong OPD yang belum maksimal dalam capaian target sehingga semua OPD dapat melaksanakan program kegiatan sesuai dengan target kerja yang sudah ditetapkan,” ungkap Imanuel.

Untuk meningkatkan kinerja OPD, Imanuel mengaku sejak beberapa tahun terakhir DPRD TTS mendorong Pemkab TTS untuk memberikan reward dan punishment kepada OPD. Pasalnya, jika pola itu dilakukan, diyakini OPD akan termotivasi untuk meningkatkan kinerja.

Dengan demikian, target-target yang ditetapkan dapat dicapai dengan mudah. “Kalau OPD yang capaian kinerjanya bagus kita harus apresiasi dengan memberikan penghargaan. Tapi kalau yang tidak capai target berikan saja sanksi dan tidak usah alokasikan anggaran banyak-banyak untuk OPD yang kinerjanya buruk,” tegas Imanuel.

Dikatakan, pengalokasian APBD induk 2020 mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati TTS yang terdiri dari peningkatan tata kelola pemerintah yang baik, efisien, efektif dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme melalui reformasi birokrasi. Mempercepat aksebilitas masyarakat terhadap kebutuhan infrastruktur dasar (jalan, jembatan, perumahan, air bersih dan irigasi). Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, gender, pemuda dan disabilitas). Meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata, pertanian, peternakan, perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha miktro kecil dan menengah serta badan usaha milik desa.

“Tentu penjabaran APBD 2020 dilakukan berdasarkan visi dan misi kepala daerah,” terang Imanuel.

Sementara, Bupati TTS, Egusem Tahun mengatakan, konsentrasi pembangunan akan dilakukan berdasarkan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten TTS. Dari berbagai keterbatasan yang dialami Pemkab TTS saat ini, pembangunan akan dilakukan berdasarkan skala prioritas. Karena itu, ia berharap masyarakat TTS bersabar karena Pemkab TTS akan berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sekarang saya masih konsentrasi dengan utang. Kalau utang sudah selesai baru kita fokus untuk maksimalkan pembangunan. Tapi perlu diketahui bahwa untuk kepentingan rakyat saya tidak akan tawar menawar. Hak-hak rakyat harus dipenuhi,” pungkas Egusem. (yop/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!