Tunjang Kinerja Guru, SMK-PP Negeri Kupang Gelar Workshop Kurikulum – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Tunjang Kinerja Guru, SMK-PP Negeri Kupang Gelar Workshop Kurikulum

FOTO BERSAMA. Para guru SMK-PP Negeri Kupang foto bersama narasumber pada kegiatan workshop kurikulum yang berlangsung di Hotel Bahagia II SoE, Senin (15/7). (Foto: Dok. SMK-PP Neg. Kupang)

OELAMASI-Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang menggelar kegiatan workshop kurikulum yang diikuti para guru sekolah tersebut. Workshop yang dilaksanakan selama dua hari, Senin (15/7) hingga Rabu (17/7) itu berlangsung di Hotel Bahagia II SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Tiga narasumber, masing-masing Agus Ahab, S.Pd, M.Pd, Willem A. Kana, S.Pd, MT, dan Dr. Pernon Akbar, M.Psi dihadirkan khusus untuk membekali para guru dengan sejumlah topik mengenai dinamika perkembangan kurikulum 2013 revisi 2018, bagaimana menumbuhkan minat literasi siswa, penguatan pendidikan karakter, dan penilaian angka kredit guru.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, workshop kurikulum ini dilaksanakan dengan tujuan menunjang kinerja para guru di SMK-PP Negeri Kupang.

“Workshop ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Tujuannya untuk membekali serta menunjang kemampuan guru-guru kita dalam membuat perangkat pembelajaran,” jelasnya Stepanus saat membuka workshop itu di SoE, Senin (15/7).

Sementara itu, Agus Ahab, S.Pd, M.Pd dalam kegiatan tersebut memberi gambaran tentang strategi menciptakan lingkungan literasi di sekolah dengan mengajak dan memacu para siswa agar tumbuh minat bacanya.

Agus memberikan contoh upaya menumbuhkan minta baca siswa misalnya dengan menciptakan lingkungan baca atau semacam pojok baca di lingkungan sekolah. “Dalam menuntut siswa meningkatkan minat baca, maka guru juga harus mencontohkan perilaku serta menciptakan lingkungan baca/pojok baca di sekolah,” ungkap Agus yang juga Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT ini.

Narasumber lainnya, Willem A. Kana, S.Pd, MT yang tampil dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter menekankan pentingnya penguatan pendidikan karakter pada anak didik.

Menurutnya, penguatan pendidikan karekter pada siswa harus mencakup nilai-nilai religius, nasionalis, kemandirian, gotong royong dan integritas.

Willem menjelaskan, penguatan pendidikan karakter ini dapat ditempa melalui kelas, budaya sekolah, dan masyarakat. Guna mewujudkan hal ini, lanjutnya, guru bertugas meningkatkan dan mengimplementasikan nilai penguatan pendidikan karakter ini pada perencanaan pembelajaran sehingga terukur dalam raport. “Guru juga harus memberikan literasi teknologi agar siswa lebih kreatif. Ini juga termasuk dalam komponen pendidikan karakter,” ungkap Willem Kana.

Sedangkan Dr. Pernon Akbar, M.Psi yang memaparkan materi tentang penilaian angka kredit guru menekankan kepada peserta workshop untuk memahami betul komponen-komponen yang menjadi bagian dari penilaian angka kredit itu.

Menurut Dr. Pernon, ada berupa unsur yang harus menjadi perhatian serius para guru ketika akan mengusulkan proses penilaian angka kredit, yakni unsur utama, unsur penunjang, dan karya inovatif. “Semua unsur ini harus diperhatikan serius oleh para guru ketika akan mengajukan angka kredit guru,” tandasnya.

Salah satu peserta workshop, Pedro D.S. Martins S,ST disela-sela workshop menuturkan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan SMK-PP Negeri Kupang. Pedro menyebutkan bahwa momentum ini juga merupakan penyegaran bagi mereka selaku pengajar agar ilmu yang diperoleh dapat terus digali dan tingkatkan. “Kami juga berusaha agar hasil dari workshop ini nantinya dapat disalurkan dan diimplementasikan pada saat proses pembelajaran di sekolah,” kata Pedro. (kp/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!