SMKN 4 Cetak Sejarah Penerimaan Siswa Baru – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMKN 4 Cetak Sejarah Penerimaan Siswa Baru

Semy Ndolu

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Animo Naik Tiga Kali Lipat

KUPANG, TIMEX Jumlah siswa baru tahun ajaran 2019/2020 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Kupang tercatat terbanyak sepanjang sekolah tersebut didirikannya.

Hal tersebut disebabkan karena animo dan kepercayaan masyarakat terhadap SMKN 4 kian meningkat dari tahun sebelumnya. Pencapaian ini tidak terlepas dari mutu pendidikan di lembaga pendidikan atas yang terus diperbaiki.

Kepala SMKN 4 Kupang, Semy Ndolu kepada Timor Express menjelaskan, sejak didirikan, animo masyarakat setiap tahun sangat minim. Namun tahun 2019 ini mengalami peningkatan tiga kali lipat.

Dikatakan, kuota yang dibutuhkan sebanyak sembilan rombongan belajar (rombel) semuanya terisi melalui proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) baik melalui jalur online maupun offline.

Jumlah siswa yang mendaftar, sembilan rombel semuanya terisi sehingga siswa baru tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 280 orang. “Kita diberikan kuota dari provinsi itu 9 rombel dan puji Tuhan semuanya terpenuhi dan kami menerima siswa baru terverifikasi itu sebanyak 280 orang,” katanya.

Dijelaskan, jumlah keseluruhan baik siswa baru maupun siswa lama sebanyak 738 orang. Rinciannya, siswa yang tidak naik kelas sebanyak 30 orang, naik bersyarat 6 orang. Sehingga total siswa baru dan lama sebanyak 316 siswa untuk kelas X. Sedangkan jumlah siswa kelas XI dan kelas XII sebanyak 422.

“Rekor ini merupakan rekor tertinggi selama sekolah ini berdiri. Tentu dengan rekor jumlah siswa secara kuantitas, kita sudah cukup tinggi tetapi dari sisi kualitas mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, sampai hasilnya kita harapkan juga berkualitas,” harap Semy.

Peningkatan jumlah peserta didik memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi pihaknya untuk terus mempersiapkan fasilatas pendukung yang memadai dan kualitas pembelajaran juga lebih baik.

Dia bersyukurn karena ada perhatian dari pemerintah provinsi, khususnya melalui Dinas Pendidikan atas keluhan sekolah terkait kelayakan sarana prasarana yang untuk dipakai sebagai ruangan belajar bagi siswa. “Kami perlu melengkapi kekurangan sarpras dan menyelesaikan masalah yang dihadapi,” imbuhnya. SMK Negeri 4 Kupang telah didirikan sejak 1989, sehingga saat ini sudah berusia 22 tahun.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!