Besok, Tiga Nama Ditentukan – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Besok, Tiga Nama Ditentukan

Konferda PDIP NTT

Pengurus Tidak Banyak Berubah

KUPANG, TIMEX – Konferensi Daerah (Konferda) DPD PDI Perjuangan Provinsi NTT lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Sebelumnya direncanakan 27 Juli 2019. Namun dimajukan ke tanggal 25 Juli besok.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT, Nelson Obed Matara dikonfirmasi di Hotel Aston Kupang, Senin (22/7), menjelaskan Konferda dipercepat karena alasan strategis. “Tanggal 27 Juli itu ada rapat di DPP juga. Sehingga Konferda dipercepat. Karena hasil dari Konferda itu juga berkaitan dengan sikap PDIP NTT tentang dukungan kepada Ibu Mega untuk menjadi ketua umum lagi,” kata Nelson.

Menurut dia, Konferda tersebut dipercepat agar suara dukungan bisa serempak dan bulat untuk Megawati Soekarnoputri. Nantinya, hasil Konferda tersebut akan dibawa ke DPP pada 27 Juli.

Hal ini, menurut dia, tidak terlepas dari dipercepatnya Kongres PDI Perjuangan yang seharusnya 2020, dimajukan ke 2019 ini. Nelson menjelaskan, karena Konferda juga ikut dipercepat, pengurus yang akan ditetapkan pun tidak berubah signifikan. Hal ini sudah terlihat pada Konfercab di 22 kabupaten/kota yang sudah dihelat pada 17 Juli lalu. “Jadi prinsipnya hanya merapikan pengurus. DPP akan tentukan tiga orang, yakni ketua, sekretaris dan bendahara. Mereka akan melengkapi struktur. Misalnya yang tidak aktif diganti,” terang mantan wakil ketua DPRD NTT itu.

Sebelumnya, tujuh calon pengurus sudah diusul ke DPP pada awal Juli 2019. Ketujuh calon tersebut, yakni Frans Lebu Raya, Nelson Matara, Yuliana Adoe, Emelia Nomleni, Yunus Takandewa, Niko Frans dan Viktor Mado Watun. “Jadi siapapun yang ditunjuk DPP, itu adalah keputusan partai yang harus didukung,” tambah Nelson.

Dari tujuh nama tersebut, lima di antaranya terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi NTT. Sementara dua di antaranya, yakni Frans Lebu Raya gagal ke DPR RI dan Niko Frans gagal ke DPRD Provinsi NTT.

Selain berebut kursi pengurus DPD, lima calon tersebut juga sedang menunggu proses untuk dipilih menjadi Ketua DPRD NTT. Pasalnya, PDIP menjadi pemenang pemilu legislatif 2019 dan berhak atas kursi ketua DPRD NTT, menggantiakn Partai Golkar yang sudah menguasai kursi tersebut selama DPRD NTT berdiri.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Parera yang dikonfirmasi tak mau banyak berkomentar tentang nama-nama yang diusulkan oleh DPD PDIP NTT. Menurutnya, nama-nama itu akan dilihat oleh DPP. Dan nantinya DPP menentukan tiga nama untuk menjadi ketua, sekretaris dan bendahara. “Siapa yang dipilih nanti dinilai oleh DPP,” ujarnya.

Ia menambahkan DPP PDIP tentu melakukan evaluasi kepemimpinan di masing-masing daerah, melakukan mapping politik dan proyeksi pengembangan partai. Kemudian diputuskan tiga nama melalui SK DPP yang ditandatangani langsung Ketua Umum untuk menjadi ketua, sekretaris dan bendahara DPC/Ketua DPD.

Selanjutnya, akan dilakukan Konferda untuk menetapkan ketua, sekretaris, bendahara partai berdasarkan keputusan DPP. “Kemudian KSB bersama formatur Konfercab/Konferda menyusun kepengurusan DPC dan DPD Partai 2019-2024,” ungkap Andreas. (cel/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!