Cara Mencegah Overdosis Vitamin – Timor Express

Timor Express

KESEHATAN

Cara Mencegah Overdosis Vitamin

Bagi tubuh manusia, vitamin sangat bermanfaat untuk merangsang, membantu, serta berperan dalam berbagai reaksi fisiologis. Kurangnya jenis vitamin tertentu akan menyebabkan gangguan salah satu atau beberapa proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Namun, perlu juga diketahui bahwa tidak hanya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin juga sama-sama berbahaya bagi tubuh. Jika ini sudah berlangsung lama, dampaknya pada tubuh bisa negatif. Kondisi ini juga dikenal sebagai keracunan vitamin, karena kelebihan vitamin dalam tubuh menimbulkan beberapa efek samping.

Bagaimana cara mencegah terjadinya overdosis vitamin?
Tubuh memiliki kebutuhan vitamin harian. Dosis harian vitamin yang dibutuhkan biasanya kecil. Nah, untuk mencegah kelebihan vitamin, sebaiknya Anda membaca label tentang berapa jumlah vitamin di kemasan makanan maupun di kemasan suplemen.

Biasanya, pada label kandungan nutrisi produk-produk tersebut terdapat berapa jumlah vitamin dalam satuan tertentu, dan berapa persen anjuran dosisnya memenuhi kebutuhan harian Anda. Apabila makanan, minuman, dan/atau suplemen tersebut memenuhi hingga 100 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin setiap hari, maka ada potensi Anda akan mengalami overdosis vitamin.

Selanjutnya, konsumsilah suplemen vitamin sesuai indikasi. Tak perlu terlalu paranoid Anda akan mengalami defisiensi vitamin, kecuali jika memang pola makan Anda benar-benar buruk atau terbukti mengalami kekurangan jenis vitamin tertentu.

Prioritaskan makan secara teratur dalam jumlah teratur, menu seimbang dan bervariasi dari hari ke hari, serta mendapatkan paparan sinar matahari cukup.

Cobalah untuk taat dosis dan tahu kebutuhan masing-masing jenis vitamin untuk tubuh, serta konsumsi suplemen vitamin kalau perlu. Agar lebih aman, sebelum mengonsumsi suplemen jenis apa pun konsultasikan dengan dokter supaya konsumsinya aman, sesuai kondisi tubuh, dan tepat sasaran. (RN/RVS/klikdokter/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!