KPU Siap Buktikan Keputusannya Benar – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

KPU Siap Buktikan Keputusannya Benar

Sidang Sengketa Pileg NTT di MK

KUPANG, TIMEX-Setelah putusan dismisal Mahkamah Konstitusi (MK) pada awal Juli 2019, lima perkara sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) pileg di NTT mulai sidang pembuktian hari ini.

Sebelumnya, terdapat enam perkara yang didaftar ke MK. Namun satu di antaranya gugur karena pemohon tidak pernah hadir dalam persidangan. Sidang kali ini dengan agenda pemeriksaan saksi fakta dan ahli.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provini NTT, Thomas Dohu yang diwawancara Minggu (28/7) menjelaskan, pihaknya sudah siap untuk memberikan kesaksian dengan bukti-bukti.

“Untuk sidang pembuktian besok (hari ini), Kabupaten Alor, Lembata dan Rote Ndao sudah di Jakarta bersama saksi. Tiga KPU kabupaten dimaksud telah siap hadir untuk membuktikan bahwa proses yang telah ditetapkan adalah benar yang dibuktikan dengan dokumen dari TPS, kecamatan, kabupaten dengan saksi,” papar Thomas Dohu.

Menurut dia, dalam sidang di MK, KPU RI yang menyiapkan penasehat hukum selama sidang. Sementara dari KPU Provinsi NTT diwakili divisi hukum dan kepala sub bagian hukum.

Kelima partai politik yang mengajukan gugatan ke MK, yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Lima partai tersebut mengajukan gugatan terhadap hasil pemilihan legislatif tingkat kabupaten dan tingkat pusat atau DPR RI. Salah satu gugatan pileg DPR RI adalah Partai Gerindra yang diajukan untuk daerah pemilihan NTT II.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!