Menurunkan Berat Badan Tak Harus Berkeringat Banyak – Timor Express

Timor Express

KESEHATAN

Menurunkan Berat Badan Tak Harus Berkeringat Banyak

ILUSTRASI; NET

Menyelesaikan latihan/olahraga yang bermandikan keringat memang terasa seperti Anda mendapatkan lencana kehormatan, tetapi itu bisa membuat Anda bertanya-tanya apakah olahraga yang tidak membuat berkeringat masih bisa membantu untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, dan mencapai tujuan kebugaran.

Tetapi ketika Anda memiliki tujuan spesifik dalam pikiran (menurunkan berat badan, mendapatkan otot, meningkatkan daya tahan), Anda mungkin bertanya-tanya apakah latihan yang tidak membuat Anda basah kuyup masih akan membantu Anda mencapai tujuan Anda tersebut?

Menurut Sander Rubin, MD, spesialis kedokteran olahraga di Northwestern Medicine, berkeringat sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jumlah kalori yang mungkin Anda bakar.

“Berkeringat adalah indikator yang jauh lebih baik dari pengaturan suhu tubuh dibandingkan dengan kalori yang terbakar,” kata Rubin, seperti dilansir laman MSN, Selasa (23/7).

Anda tidak boleh menggunakan berapa banyak keringat Anda sebagai indikator seberapa keras Anda berolahraga.

Ini lebih berkaitan dengan lingkungan Anda (apakah suhunya panas atau lembab di tempat Anda berolahraga) dan seberapa banyak tubuh Anda perlu berkeringat untuk mengatur suhu tubuh Anda, yang berbeda untuk semua orang.

“Dengan kata lain, sangat mungkin untuk menurunkan berat badan tanpa adanya keringat dalam latihan Anda,” jelas Rubin.

Bagaimana dengan penurunan berat badan yang merupakan akibat langsung dari keringat? Ini dikenal sebagai berat air, meskipun Dr. Rubin menunjukkan bahwa lebih banyak berkeringat dari pada air (garam, protein, urea, dan amoniak).

Ketika Anda banyak berkeringat, kata Dr. Rubin, memang benar bahwa Anda akan akhirnya kehilangan berat hanya dari itu. Namun, Anda akan secara alami mengembalikan berat air itu ketika Anda rehidrasi setelah berolahraga.

Apa yang Anda akan kehilangan karena berkeringat bukanlah hasil yang permanen dari berolahraga. Itu akan diganti dengan air, sebagai lawan dari kalori aktual yang Anda bakar saat berolahraga.

Berkeringat banyak dan gagal rehidrasi dengan benar bisa menyebabkan beberapa efek samping yang mengerikan, bahkan jika Anda hanya sedikit mengalami dehidrasi.

Anda mungkin akan merasa lelah, pusing, sembelit, dan pegal-pegal pada persendian dan otot hingga kepala Anda.

“Pastikan untuk minum banyak air sebelum, sesudah, dan selama latihan yang sulit, terutama ketika Anda melakukannya di lingkungan yang panas dan lembab,” Dr. Rubin menambahkan.

Selama Anda memanfaatkan sebagian besar waktu Anda berolahraga, mendapatkan latihan keseimbangan dan latihan kardio (di sini adalah jadwal latihan yang efektif untuk diikuti), dan makan sehat (coba rencana makan sehat dua minggu ini), Anda akan menuju hasil penurunan berat badan yang optimal. (fny/jpnn/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!