PPA Klaster SoE Gelar Job Expo – Timor Express

Timor Express

RAGAM

PPA Klaster SoE Gelar Job Expo

PERKENALKAN. Salah seorang narasumber menjelaskan kepada anak-anak/remaja tentang profesi yang digelutinya, Sabtu (27/7).

IST

SOE, TIMEX – Masa anak-anak dan remasa merupakan masa di mana anak/remaja diperhadapkan dengan berbagai profesi. Di lain sisi, anak-anak/remaja memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

Karena itu, agar anak memilih profesi yang sesuai dengan minat dan bakatnya, maka perlu diperkenalkan aneka profesi agar anak-anak atau remaja mengetahui sejak awal tentang profesi yang diminati.

Pusat Pengembangan Anak (PPA) Klaster SoE menyelenggarakan Job Expo di GOR Nekmese SoE, Sabtu (28/7).

Penanggungjawab PPA Klaster SoE, Radius Rangga disela-sela kegiatan Job Expo menjelaskan, tujuan Job Expo agar remaja mengenal lebih dalam terhadap profesi. Pada Job Expo pelaku profesi dalam berbagai bidang berjumlah 30 stan profesi, baik itu pemerintahan dan swasta disertakan dengan menyediakan setiap profesi satu stan.

Anak-anak/remaja yang datang dari 12 PPA se-Klaster SoE dibentuk setiap kelompok 20-25 orang mendatangi stan yang diminati kemudian profesional akan menjelaskan tugas terhadap profesi dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki untuk menjalankan profesi itu.

“Setiap stan kami sudah siapkan orang-orang profesional dalam bidangnya untuk menjelaskan tentang profesi yang dilakukan. Mulai dari kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melaksanakan profesi itu, alasan memilih profesi itu dan kelebihan dari profesi yang digeluti. Setelah profesional menjelaskan tentang profesi yang dijalankan para peserta akan diminta untuk mempraktikkan secara sederhana tentang profesi yang dijelaskan oleh profesional,” papar dia.

Peserta diharuskan mengunjungi minimal lima stan profesi dan pada setiap stan panitia telah memfasilitasi narasumber dengan kupon yang dapat diberikan kepada peserta, mulai dari satu kupon hingga tiga kupon tergantung penilaian narasumber terhadap peserta.

Kupon yang diperoleh peserta dapat digunakan untuk menukarkannya dengan aneka barang yang telah disediakan panitia, baik itu pakaian ataupun aksesoris remaja seperti topi dan sebagainya.

“Setiap kupon nilainnya Rp 5.000. Jadi para peserta yang mengumpulkan banyak kupon bisa beli makanan ataupun aneka aksesoris,” terang Radius.

Diyakininya bahwa dengan pelaksanaan Job Expo, anak-anak akan mulai memiliki gambaran tentang profesi yang diminati sehingga anak-anak/remaja akan mulai mengarahkan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk menggapai profesi yang diinginkan. Jika demikian, maka ketika seorang anak/remaja mulai melaksanakan profesi yang menjadi minat dan bakatnya, tentu akan dilaksanakan secata maksimal. Dengan demikian, maka profesi yang dilakoni akan bermanfaat secara maksimal.

“Kalau anak tidak tahu secara spesifik tentang profesi, maka anak bisa saja salah memilih profesi yang sesungguhnya bukan minatnya. Akibatnya, profesi yang dijalankan tidak bermanfaat maksimal baik untuk diri anak itu sendiri maupun orang lain,” ungkap Radius. (yop/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!