RM Padang 2 Tidak Miliki Izin IPAL – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

RM Padang 2 Tidak Miliki Izin IPAL

KEFAMENANU, TIMEX – Pemerintah Kabupaten TTU melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah melakukan pengkajian terhadap proses pengolahan makanan dan pengolahan limbah rumah makan Padang 2 Kefamenanu pasca dilakukan sidak oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes.

Hasil kajian dua dinas teknis, terdapat beberapa rekomendasi yang akan disampaikan kepada rumah makan Padang 2 Kefamenanu, terutama terkait beberapa kelengkapan administrasi yang belum dikantongi untuk segera dilengkapi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten TTU, Ferdinandus Lio kepada Timor Express, Rabu (31/7) menuturkan, pihaknya telah melakukan pengkajian terhadap pengolahan limbah di rumah makan Padang 2 Kefamenanu. Dari hasil pemeriksaan tim teknis, ada beberapa rekomendasi yang disampaikan kepada rumah makan Padang 2 untuk berbenah terutama mengenai kelengkapan administrasi.

Dikatakan, DLH telah memberikan surat penegasan kepada rumah makan Padang 2 Kefamenanu agar dapat menyelesaikan izin pengelolaan limbah (IPAL) dalam waktu yang telah ditentukan.

“Kita telah memberikan surat penegasan kepada yang bersangkutan agar dalam tempo satu bulan dapat mengurus izin pengolahan limbah. Pihak rumah makan juga membuat surat pernyataan kesanggupan untuk mengurus izin tersebut dalam waktu yang telah ditentukan,” jelasnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka kepada Timor Express, Rabu (31/7) menuturkan, dari hasil kajian tim Dinas Kesehatan, pola pengelolaan makan di RM Padang 2 Kefamenanu sudah sesuai standar kelayakan, sehingga dinyatakan layak konsumsi.

Meski demikian, ada beberapa rekomendasi yang disampaikan tim Dinas Kesehatan kepada pihak RM Padang 2 Kefamenanu agar berbenah, terutama membeli daging yang segar dan dapat dipastikan kelayakannya untuk dikonsumsi.

“Semua sudah sesuai standar kelayakan hanya ada beberapa rekomendasi yang kita sampaikan terutama membeli daging yang segar dan bersih di tempat yang diakui oleh pemerintah,” tuturnya.

Menurutnya, hasil kajian pihaknya, akan dilaporkan kepada Bupati TTU, Raymundus Sau Fenandes untuk ditindaklanjuti. Sesuai aspek kesehatan, RM Padang 2 kefamenanu layak dan higienis.

Ia berharap, rumah makan lainnya di Kabupaten TTU harus ikut berbenah. Terutama aspek kesehatan dan kebersih dari rumah makan harus tetap diperhatikan. Makanan yang dijual pun harus dipastikan kelayakannya dan harus menjual makanan yang baru.

“Kita sudah membuat laporan ke Bupati TTU tekait hasil kajian dari Dinas Kesehatan. Kita juga mengimbau kepada rumah makan lainnya untuk segera berbedah dengan adanya kejadian ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk berbenah,” pungkasnya.

Sebelumnya,  Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada Timor Express, Senin (29/7) mengatakan, pihaknya melakukan sidak pada RM Padang 2 Kefamenanu setelah sebuah video yang diunggah oleh akun facebook atas nama Vhi, viral.

Dalam sidak tersebut, Raymundus meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemeriksaan secara utuh atas proses pengolahan makanan siap saji di rumah makan tersebut. Bila ditemukan indikasi tidak layak atau tidak higienis, maka pengkajian ulang terhadap izin usaha dari rumah makan tersebut harus dilakukan. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!