Target Naik Tipe B Tahun 2020 – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Target Naik Tipe B Tahun 2020

RESMIKAN. Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore beserta jajaran meresmikan gedung baru RSUD S.K. Lerik, Kamis (1/8).

FENTI ANIN/TIMEX

RSUD S.K. Lerik

HUT Ke-9 sekaligus Peresmian Gedung Baru

KUPANG, TIMEX – Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore beserta jajarannya meresmikan dua gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S.K. Lerik, sekaligus merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-9 RSUD S.K. Lerik.

Acara syukuran sekaligus peresmian gedung itu digelar di depan gedung baru RSUD S.K. Lerik, Kamis (1/8).

Acara ini dibuka dengan laporan ketua panitia pelaksana, Diretris RSUD S.K. Lerik, dr. Marsiana Halek.

Wali Kota didampingi sang istri Ny. Hilda Riwu Kore-Manafe yang merupakan Ketua TP PKK Kota Kupang.

Istri mantan Wali Kota Kupang S.K. Lerik, Ny. Mia Lerik juga turut hadir dalam acara ini.

Hadir Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, Sekretaris Komisi IV Juvensius Tukung, Maurids Kale Lena, dan Pimpinan OPD lingkup Pemkot Kupang, yaitu Drg Retnowati, Ballina Ully, Adrianus Lusi,  Yeri Padji Kana, Felisberto Amaral, serta para camat, masing-masing Semuel Mesakh, Matheos Maahuri dan camat lainnya.

Hadir pula sejumlah kepala bagian di Setda Kota Kupang, masing-masing Alan Girsang, Yanuar Dally, Bernadinus Mere, serta para dokter ahli, dokter umum, dan perawat serta bidan di RSUD S.K. Lerik.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore pada kesempatan itu, mengatakan, usia RSUD S.K. Lerik yang ke-9 tahun ini merupakan perjalanan panjang, sejarah dan berbagai perjuangan pemerintah Kota Kupang, untuk menghadirkan rumah sakit milik daerah Kota Kupang yang dibangun dengan tujuan agar masyarakat Kota Kupang bisa sejahtera dalam bidang kesehatan.

“Kami menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi,  mulai dari jumlah dokter ahli yang harus ditambah, kualitas pelayanan yang harus ditingkatkan, juga kesejahteraan para staf kesehatan, mulai dari dokter, perawat, bidan dan staf lainnya. Kami terus berupaya agar rumah sakit ini menjadi kebanggaan bersama,” katanya.

Wali Kota mengaku, tahun 2017 lalu Kota Kupang mendapatkan dana DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 70 miliar lebih untuk pembangunan rumah sakit ini. Dana ini yang digunakan untuk membangun dua gedung baru RSUD S.K. Lerik.

“Jadi kita sebagai pemerintah meminta bantuan kepada pemerintah pusat, jangan sampai pelayanan dan kelengkapan di rumah sakit pemerintah kalah dengan rumah sakit swasta, karena kita selalu didukung oleh anggaran, baik itu pemerintah daerah sendiri maupun pemerintah pusat,” katanya.

Jefri juga meminta agar semua dokter spesialis bisa lebih maksimal bertugas di RSUD S.K. Lerik. Maksudnya, jam kerja ditambah, dan tentunya akan ditunjang dengan pembayaran yang sesuai.

“Jadi ketika masyarakat datang di rumah sakit kota, ada dokternya. Jangan lagi menunggu, tapi langsung dilayani. Alat-alat kesehatan di rumah sakit ini juga sudah lengkap, alat ventilator yang dipakai di rumah sakit di luar negeri juga sudah ada di sini, kemarin kita pengadaan lima alat ventilator,  tentunya ini sebuah hal positif yang harus dibanggakan,” terangnya.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini juga berterima kasih kepada semua pihak yang selama mendukung pemerintah Kota Kupang,  terutama dalam upaya menghadirkan RSUD S.K. Lerik yang berkelas dan mampu bersaing, serta dapat menjadi kebangaan bersama.

“Saya ajak semua masyarakat Kota Kupang, untuk datang ke rumah sakit S.K. Lerik. Rumah sakit ini dibangun untuk melayani masyarakat, maka masyarakat juga harus menggunakannya dan mendukung kerja pemerintah ini,” ungkapnya.

Wali Kota sampaikan, Pemkot Kupang juga menargetkan agar tahun 2020 mendatang, rumah sakit ini bisa naik tipe menjadi tipe B.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe,  mengatakan, DPRD mengapresiasi RSUD S.K. Lerik, dimana gedung dan semua fasilitas kesehatan yang sudah ada, dapat dibilang sudah sangat bagus dan lengkap.

“Kita semua sebagai bagian dari masyarakat Kota Kupang sangat berbangga dengan prestasi yang ada di Rumah Sakit Kota Kupang ini. Pemerintah Kota Kupang berhasil menghadirkan sebuah rumah sakit daerah yang berkelas dan berkualitas ini,” ungkapnya.

Yeskiel mengaku, DPRD Kota Kupang tentunya akan terus mendukung rumah sakit ini untuk menjadi lebih baik. Salah satunya dari segi anggaran, akan terus didukung agar semakin hari rumah sakit ini semakin baik.

“Direktur rumah sakit ini dapat dikatakan berhasil, karena telah membawa banyak perubahan di sini. Mulai dari gedung, fasilitas dan pelayanan yang semakin hari semakin baik. Sistem pendaftaran loket juga sudah menggunakan teknologi, tentunya akan semakin baik kedepannya,” ujarnya.

Direktris RSUD S.K. Lerik, dr Marsiana Halek, mengatakan, tidak terasa RSUD S.K. Lerik sudah berusia 9 tahun. Banyak hal yang berkembang, dan banyak hal berubah sampai pada titik ini.

“Saat ini kami sudah memenuhi standar rumah sakit tipe C,  dengan sarana dan prasarana berkualitas, dengan 20 dokter ahli,  15 dokter umum, 3 dokter gigi, dan jumlah total pegawai saat ini berjumlah 349 orang,” katanya.

Marsiana menjelaskan, selaras dengan semangat Ayo Berubah yang dicanangkan oleh Wali Kota Kupang, RSUD S.K. Lerik juga mencoba memaknai spirit tersebut dengan tagline respon dan profesional kerja yang lebih baik.

Dijelaskan, dalam dua tahun terakhir ini, ada pembangunan besar di rumah sakit ini. Tahun 2017 dibangun bangunan emergency tiga lantai, dimana lantai 1 digunakan untuk UGD, ruang operasi, dan farmasi. Sementara lantai 2 untuk ruang nifas dan laboratorium, serta lantai 3 untuk ICU dan perina.

Tahun 2018, lanjut Marsiana, dibangun dua unit gedung dengan kontruksi dua lantai dan tiga lantai.

Gedung dengan konstruksi 3 lantai, digunakan untuk poliklinik rawat jalan, manajemen dan kamar operasi dengan standar internasional.

Sementara gedung dengan konstruksi dua lantai, digunakan untuk pelayanan kelas II dan pelayanan kelas I.

“Tentunya semua capaian ini diberikan pemerintah kepada semua masyarakat Kota Kupang, dan dapat menjadi kebanggaan,” kata Marsiana. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!